Dana Pengamanan Pilkada Nyaris 1 Triliun


Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:59:24 WIB
Dana Pengamanan Pilkada Nyaris 1 Triliun HUMAS Mabes Polri Boy Rafli Amar memastikan, Polri akan all out dalam mengamankan Pilkada serentak, tahun depan. Untuk pengamanan, Polri dikucuri anggaran nyaris Rp1 Triliun.

JAKARTA, HALUAN — Un­tuk pengamanan Pilkada Serentak 2017, akan dibiayai sepenuhnya oleh APBD ma­sing-masing daerah yang akan menyelenggarakan pes­ta demokrasi tersebut. Terca­tat ada 101 daerah yang me­ngi­kuti Pilkada Serentak 2017 di seluruh Indonesia.

“Kalau diinventarisir di se­luruh Indonesia, 101 Pil­ka­da itu di angka Rp923 miliar. Itu adalah kalkulasi nasional un­tuk pelaksanaan 101 wila­yah Pil­ka­da Serentak untuk pe­­nga­manan oleh polda dan pol­­res-polres,” kata Kadiv Hu­­mas Polri, Irjen Boy Rafli Amar

Adapun kekuatan total personel kepolisian dalam pengamanan Pilkada Seren­tak 2017 dikerahkan seba­nyak 71.983 personil. Penga­ma­nan tersebut telah dimulai se­jak jadwal, program, taha­pan dan jadwal Pilkada Se­rentak 2017 berjalan.

“Ini terbagi di seluruh tempat yang melaksanakan pemilukada. Sedangkan BKO brimob yang dipersiapkan Mabes Polri 5.410,” katanya.

Untuk tingkat kerawanan masing-masing daerah, nan­tinya akan dievaluasi dan dinilai oleh Kapolda masing-masing daerah.

“Jika para Kapolda meni­lai tidak perlu BKO maka dia akan memberdayakan selu­ruh kesatuan yang ada di sana. Misalnya ada daerah di Jatim yang tidak ikut Pilkada maka bisa diperbantukan dari daerah tersebut ke daerah yang ikut Pilkada,” tukasnya

Boy Rafli Amar menga­takan bahwa pada masa kam­pa­nye Pilkada Serentak 2017 akan dikerahkan setengah ke­kuatan Polri untuk penga­ma­nan. Ada 101 daerah yang terlibat dalam pesta de­mo­krasi tersebut.

“Masa kampanye 28 Ok­to­ber 2016 sampai 11 Fe­bruari 2017. Ini masa pan­jang kita harap tingkatkan kondusifitas lancar

Untuk pengamanan, Polri merujuk kepada jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU masing-masing daerah.

“Pada umumnya, kekua­tan besar ada di masa kam­panye itu bisa separuh kekua­tan dilibatkan dalam penga­manan, misalnya di Polres bisa mencapai 800 orang di tingkat kabupaten,” katanya.

Adapun kekuatan total personel kepolisian dalam pengamanan Pilkada Seren­tak 2017 dikerahkan seba­nyak 71.983 personel. Penga­manan tersebut telah dimulai sejak jadwal, program, taha­pan, dan jadwal Pilkada Se­rentak 2017 berjalan. “Ada 71.983 personel. Ini terbagi di seluruh tempat yang me­laksanakan pemilukada. Se­dang­kan BKO Brimob yang dipersiapkan Mabes Polri 5.410,” tukasnya.

Polri menyoroti sejumlah poin jelang Pilkada serentak. “Persiapan dan netralitas penyelenggara yaitu KPU jadi yang pertama. Kedua Bawaslu penting sebagai wasit. Mereka otomatis ter­kait setra gakumdu yang di dalamnnya ada jaksa dan polisi. Tiap pelanggaran akan ditentukan apakah itu pe­langgaran administrasi atau­kah pidana pemilu. Jika pi­dana pemilu hukum aca­ranya sendiri,” kata Boy.

Poin ketiga adalah polisi yang netral dan profesional yang akan dibantu TNI dan Linmas. Aparat jadi kunci yang utama untuk meng­ha­silkan pemilu yang obyektif, transparan, dan akuntabilitas yang tinggi. Poin berikutnya adalah media yang jadi part­ner berdemokrasi yang seha­rusnya memberikan edukasi dan pendidikan politik pada masyarakat. Boy berharap media memberikan info dan pemberitaan yang berimbang kepada publik. “Karena da­lam pemilu, suka atau tidak suka, diakui, terjadi ada pengelompokan berdasarkan minat atau pendukung ma­sing-masing calon. Media harus mampu memberikan pendidikan poltik yang im­bang,” lanjutnya.

Lembaga independen pe­milu yang netral yang men­jamin quick count secara obyektif menjadi poin beri­kut­nya yang juga dibutuhkan. Hasil quick count dilarang untuk diumumkan sebelum pemungutan suara di seluruh TPS selesai digelar. Boy meminta lembaga quick count jangan jadi lembaga peng­giring opini. “Masyarakat juga harus ditingkatkan untuk gunakan hak pilih. Jaga per­satuan dan kesatuan. Satu rumah saja antara orang tua dengan anak bisa beda pi­lihan. Ini yang harus dijaga,” tambahnya. (h/ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM