BEI Targetkan 5.000 Investor Baru di Sumbar


Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:00:15 WIB
BEI Targetkan 5.000 Investor Baru di Sumbar

PADANG, HALUAN — Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatra Barat (Sumbar) menargetkan 5.000 investor baru pada tahun ini. Hingga Agustus 2016, jumlah investor baru di provinsi ini sebanyak 2.000 investor.

Kepala BEI Sumbar, Reza Sadat Shahmeini mengatakan, dari target yang ingin dicapai, saat ini sudah terealisasi se­besar 40 persen untuk jumlah investor baru.

“Sekitar 2.000 jumlah in­ves­tor yang sudah ada saat ini. Jika taget 5.000 investor baru pada tahun ini maka sekitar 40 persen sudah terealisasi. Mu­dah-mudahan hingga peng­hujung tahun tercapai seperti pada tahun sebelumnya,” ujar­nya di Padang, Rabu (19/10).

Ia menyebutkan, pada 2015, pihaknya menargetkan 1.800 investor baru. Hingga akhir tahun, 3.000 investor yang menanamkan modalnya di Sumbar. Artinya, realisasi melebihi target. Berdasarkan capaian itulah pihaknya op­timistis target investor baru pada tahun ini juga tercapai.

Ia menjelaskan, pihaknya melakukan berbagai cara dan strategi untuk memberikan daya tarik, pemahaman, dan kepercayaan kepada ma­syarakat agar mau menjadi investor. Beberapa cara dan strategi tersebut, di antaranya mem­berikan pelatihan, sosialisasi, edukasi dan memandu pengu­sa­ha supaya paham dan mau menjadi investor.

“Kami memberikan pema­haman bahwa dengan ber­inves­ta­si, pengusaha mempunyai ba­nyak keuntungan, seperti me­ningkatkan aset, kekayaan, me­mahami saham bahwa sa­ham itu bisa diwariskan, dan investasi tersebut halal,” tutur Reza.

Perihal nilai transaksi pada 2015,  Reza mengatkaan, Sum­bar menduduki urutan ke-7 se­cara nasional dengan nilai Rp12,9 triliun. Sedangkan pa­da 2016, pihaknya belum bisa melihat posisi itu,” ucapnya.

Untuk Sumbar, Reza me­ngakui bahwa keinginan ma­syarakat sebagai investor ma­sih minim dibandingkan de­ngan jumlah penduduk yang tinggi. Me­nurutnya, hal itu terjadi ka­rena sebagian besar masya­ra­kat masih takut untuk ber­in­vestasi karena belum mema­ha­mi seca­ra kongkrit, baik itu ba­gaimana menjadi investor, ca­ra membeli saham dan se­bagai­nya.

“Untuk itulah kami terus memberikan edukasi, baik kepada mahasiswa, masyarakat umum maupun perusahaan,” katanya. (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Maret 2020 - 11:40:03 WIB

    BEI Pangkas Durasi Perdagangan Efek di Pasar Modal

    BEI Pangkas Durasi Perdagangan Efek di Pasar Modal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penyesuaian durasi perdagangan efek di pasar modal mulai hari ini, Senin (30/03/2020). Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari Surat Kepala Departemen P.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 15:31:30 WIB

    Dijamin Lebih Untung, BEI Sumbar Sarankan Beli Saham LQ45

    Dijamin Lebih Untung, BEI Sumbar Sarankan Beli Saham LQ45 PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumbar, Early Saputra menyarankan jika masyarakat yang ingin investasi bisa membeli Exchange Traded Fund (ETF) R-LQ45X. Pasalnya, indeks LQ45 dim.
  • Jumat, 21 Juli 2017 - 19:14:31 WIB

    BEI Sumbar Ajak Karyawan Bank BTN Padang Nabung Saham

    BEI Sumbar Ajak Karyawan Bank BTN Padang Nabung Saham PADANG, HARIANHALUAN.COM— Meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan, Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatera Barat (Sumbar) berikan sosialisasi program yuk nabung saham di kepada karyawan Bank BTN Cabang Padang, Kamis (20/7)..
  • Jumat, 13 Mei 2016 - 03:47:18 WIB

    BEI Nobatkan PT Telkom Sebagai Emiten Terbaik

    BEI Nobatkan PT Telkom Sebagai Emiten Terbaik JAKARTA, HALUAN — Bur­sa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan PT Telkom sebagai “Top Performing Listed Companies 2016” dalam ajang Investor Award 2016 di Jakarta, Selasa (3/5)..
  • Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:41:28 WIB

    BEI Targetkan 5.180 Investor Baru pada 2016

    PADANG, HALUAN — Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatera Barat (Sumbar) semakin optimistis mampu menjadikan masyarakat Sumbar menjadi investor saham bagi perusahaan-perusahaan besar di Indonesia..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM