NMP Program Unggulan RPJMD


Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:15:54 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Program Nagari Mandiri Pangan (NMP) salah satu program unggulan pada Rencana Pem­ba­ngunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lima puluh Kota tahun 2016-2021.

Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan pada 13 nagari dari 79 nagari yang ada di kabupaten ini.

Ke-13 nagari yang melak­sanakan kegiatan itu, mem­peroleh bantuan sosial ber­kisar antara Rp80 juta hingga Rp100 juta per nagari. Di­samping itu ada 6 jorong dengan kegiatan replikasi nagari mandiri pangan dan 8 kelompok dengan kegiatan usaha ekonomi pedesaan, untuk jorong replikasi dapat bantuan Rp15 juta hingga Rp25 juta per jorong, dan masing-masing Rp30 juta untuk kelompok usaha eko­nomi pedesaan.

Kepala Kantor Ketaha­nan Pangan Limapuluh Kota, Gusdian Laora yang dihu­bungi, Rabu (19/10) kemarin menuturkan, Pemkab se­tempat melalui Kantor Keta­hanan Pangan sudah mela­kukan evaluasi kegiatan na­gari mandiri pangan sejak Selasa (18/10) di Aula Sago Bungsu Tanjung Pati, Ke­camatan Harau

Dikatakan Gusdian Lao­ra, sebetulnya gerakan in­teraksi nagari mandiri pa­ngan (GINA-MP) bertujuan agar di nagari-nagari yang melak­sanakannya dapat berkem­bang dan tumbuh berbagai jenis usaha sesuai potensi yang ada di nagari tersebut.

“Sehingga akan mening­katkan pendapatan masyara­kat setempat sekaligus me­nanggulangi kemiskinan., karena mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi ma­syarakat,” ucapnya.

Dampaknya hasil tani kelompok masyarakat me­miliki pasar lokal tersendiri serta adanya peningkatan Nilai Tambah Petani (NTP) di daerah.

“Hal ini sejalan dengan visi dan misi yang ada dalam RPJMD dimaksud, dimana sasaran yang ingin dicapai 5 tahun ke depan mening­katnya ekonomi ke­rakyatan melalui usaha eko­nomi mikro agrobisnis,” ujar Gusdian Laora.

Kepala Kantor yang su­dah 7 tahun lebih mengo­mandoi urusan ketahanan pangan di Limapuluh Kota, pada saat evaluasi nagari mandiri pangan, dihadapan  peserta juga mengekspos pelaksanaan kegiatan yang sudah mereka kerjakan. Ter­masuk menyampaikan per­masalahan kelompok, me­nyepakati kegiatan yang lebih baik dimasa mendatang.

“Kita berharap pada ke­lompok yang ada agar tetap semangat. Dengan niat tulus membangun usaha ekonomi nagari, sehingga di nagari-nagari tumbuh berbagai jenis usaha yang akan berdampak tercapainya kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan bagi masyarakat di Limapuluh Kota, serta hidup sejahtera sesuai harapan masyarakat,” imbuhnya. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM