M Saleh Dilantik Jadi Sekda Pasaman


Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:17:36 WIB
M Saleh Dilantik Jadi Sekda Pasaman Mantan Sekda Kabupaten Solok, M Saleh, SH, MM saat dilantik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasamaný oleh Bupati Yusuf Lubis, Rabu (19/10). (YUDHI LUBIS)

PASAMAN, HALUAN — Bupati Pasaman Yusuf Lubis melantik M Saleh sebagai Sekre­ta­ris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman. M  Saleh menggantikan pejabat lama,  A Syafei Siregar  yang memasuki masa persiapan pensiun. 

Pengambilan sumpah ja­ba­tan dan pelantikan mantan Sekda Kabupaten Solok ini, dilakukan Rabu (19/10), pukul 10.00 WIB pagi ber­tem­pat di gedung Syamsiar Thaib, Lubuksikaping.

Pelantikan berlangsung khidmat, diawali dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis. Lalu dilanjutkan deng­an pembacaan fakta integritas sekaligus penandatanganan.

Sedikitnya, ada sembilan butir maklumat disampaikan pada fakta integritas tersebut. Diantaranya, tidak akan me­nerima pemberian dalam bentuk apa pun alias KKN, serta siap mengemban tugas dengan sebaik mungkin.

Pelantikan dan pengam­bilan sumpah jabatan itu juga disaksikan pejabat Sekda lama, A Syafei Siregar, unsur forkopimda, Ketua TP PKK Pasaman Ny Gustinar Si­re­gar, Ketua GOW Ny Mira Delima Atos, para asisten, staf ahli, kepala SKPD dan sederet undangan lainnya.

Pelantikan juga dihadiri sejumlah pejabat dari kabu­paten/kota tetangga, seperti Sekda Kota Solok Rusdianto, sejumlah kepala SKPD Ka­bupaten Solok dan

Asisten pemerintahan Pemkab Agam.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyampaikan, semua persyaratan administrasi su­dah dipenuhi. Atas dasar itu, kata dia, pelantikan tersebut bisa dilakukan karena sudah sesuai dengan prosedur dan aturan berlaku.  “Sekda yang dilantik sekarang merupakan hasil dari proses lelang ja­ba­tan calon sekda yang dila­ku­kan oleh Pansel JPT Pratama, beberapa waktu lalu. Beliau yang terbaik,” katanya.

Menurutnya, proses pe­milihan Sekda berjalan cukup panjang, yakni melalui seleksi dan serangkaian tes serta evaluasi oleh tim pansel. Sebanyak lima kandidat men­daf­tar ke panitia Pansel JPT Pratama calon sekda waktu itu. “Proses pemilihannya melibatkan pansel, dari unsur akademisi, birokrat dan para mantan pamong senior. Pe­lan­tikan ini merupakan final dari seluruh proses dan rang­kaian tahapan seleksi.Dengan harapan hasil yang ada bisa memenuhi harapan masya­rakat akan sosok terbaik,” katanya.

Ia mengatakan, kepe­r­ca­ya­an yang diberikan kepada sekda terpilih harus menjadi pengingat untuk melak­sana­kan tugas dengan amanah, jujur dan berdedikasi. Serta menunjukkan kepemimpinan dengan baik. “Sekda harus bisa memperbaiki apa yang dianggap masih kurang. Se­bab, jabatan sekda meru­pakan posisi strategis. Apa­lagi, komitmennya pada fakta integritas tadi sudah saya pegang,” ujar bupati.

Ia menambahkan, tugas sebagai sekda di Pasaman tidak lagi berat. Sebab, kata dia, semua sudah diram­pungkan oleh pejabat sekda yang lama, yakni A Syafei Siregar.  “Untuk beliau (Sya­fei) saya ucapkan ribuan terima kasih atas pengabdian dan kinerjanya selama ini. Beliau, sudah banyak berbuat dan menorehkan prestasi untuk Pasaman,” ujarnya.

Dikatakan, bahwa Syafei Siregar adalah mamak ru­mah­nya. Kebetulan istri Bu­pati Yusuf Lubis, bermarga Siregar. “Jadi, saya tidak bisa main-main dengan beliau ini. Secara adat, beliau mamak rumah yang harus saya hor­mati. Lain halnya di pe­me­rintahan,” katanya.

Dikatakan, bahwa Pe­me­rin­tah Kabupaten Pa­sa­man, saat ini gencar meme­rangi narkoba dan penyakit masya­rakat (pekat) lainnya, seperti judi, minuman keras dan asu­sila. “Itu bagian dari komitmen kita bersama da­lam rangka mewujudkan masyarakat Pasa­man yang sejahtera, agamis dan ber­budaya,” katanya.

Menariknya lagi, Bupati Yusuf Lubis sempat salah pengucapan marga dari sekda Pasaman yang baru itu. Ia menyebutkan, bahwa marga HM Saleh adalah Lubis.

Namun, ucapan orang nomor satu tersebut sontak diprotes ramai-ramai oleh para hadirin. Mereka, menga­takan bahwa marganya HM Saleh, bukan Lubis, melain­kan Nasution.  “Oh, saya keliru. Saya kira masih Lubis juga. Ternyata, Nasution yah, bukan Saleh Lubis,” ucap Yusuf Lubis tertawa lebar.

Pelantikan sekda ini, me­ru­pakan puncak dari seleksi JPT Pratama yang dilak­sanakan oleh Panitia Seleksi (Pansel) baru-baru ini. Se­banyak lima orang pejabat di lingkup Pemkab Pasaman ikut serta dalam seleksi ter­buka tersebut.

Dari lima orang yang daf­tar kemarin, M Saleh Nst lulus dengan nilai tertinggi. Disusul, Yusnimar dan M.N Susilo. Sementara dua kan­didat lain­nya, Yuspi dan Anasrullah gugur difase ak­hir. (h/mg-yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM