LAKUKAN RISET

Ganefri Siapkan Bonus Rp15 Juta Bagi Dosen


Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:19:52 WIB
Ganefri Siapkan Bonus Rp15 Juta Bagi Dosen Rektor UNP Prof Ganefri.

PADANG, HALUAN —Uni­versitas Negeri Padang (UNP) menyiapkan bonus besar bagi dosen yang melakukan riset dan penelitian. Langkah ini ditawarkan UNP untuk kembali meningkatkan minat dosen menghasil riset dan penelitian yang berguna.

Ketika ditemui usai mem­buka International Seminar Art and Languange (ISLA) ke-4 di Pangeran Beach Hotel, Padang, Rabu (19/10), Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan, akan memberikan bonus sebesar Rp15 juta lebih bagi dosen yang mampu menghasilkan riset dan penelitian yang dapat tampil di jurnal internasional.  

Baca Juga : Bekas Atom Center Padang Disulap jadi Penampungan Anak Yatim

“Bonus itu di luar dana riset yang kita sediakan,” tuturnya.

Hasil riset dan penelitian ini lanjutnya, diharapkan memang dapat memberi sumbangan dalam bidang yang memang digelutinya.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, Perumda AM Kota Padang Imbau Warga Gunakan Air Seperlunya

“Kalau risetnya dalam bi­dang sains diharapkan dapat digunakan dalam bidang  sains, dan kalau penelitiannya dalam bidang riset juga seperti itu,” tukas mantan Koordinator Kopertis Wilayah X itu.

Selama ini menurutnya, minat dosen untuk melakukan riset dan penelitian sudah cukup tinggi, hanya saja keter­ba­tasan dana yang selama ini turut menjadi faktor peng­hambat hal tersebut.

“Saat ini UNP telah beralih dari universitas teaching kepada universitas yang berbasis riset. Jadi, dosen  nanti akan lebih kita arahkan kepada riset,” ungkapnya.

Untuk kebutuhan anggaran sedikitnya UNP menyediakan dana Rp30 miliar lebih untuk pendanaan riset dan penelitian tersebut. Dana ini diambilkan dari 15 persen dari dana PNBP yang di­te­rima UNP.

Terkait dengan target, UNP men­jan­jikan akan me­ner­bitkan 150 jur­nal per tahun. Na­mun, ini tidak sem­ba­rang jurnal akan tetapi jurnal yang memang telah tam­pil pada jurnal ya­ng terintegritas.

“Nanti kita akan men­yiap­kan tim khusus yang akan menilai jurnal ter­sebut. Tim tersebut akan be­rasal dari luar UNP tentunya. Ti­dak mu­ng­kin je­ruk ma­kan jeruk. Kalau seperti itu hasilnya juga tidak akan ba­gus,” pa­parnya.

Ganferi me­ne­gas­kan, saat ini UNP tinggal landas untuk menjadi uni­ver­­sitas yang te­rak­re­ditasi inter­nasio­nal.  “Semua fasilitas kita sudah ada, sekarang tinggal mening­katkan kualitas lulusan,” tan­das­nya. (h/isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]