DITERJANG BANJIR BANDANG

Warga Batang Kabung Minta Normalisasi


Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:21:09 WIB
Warga Batang Kabung Minta Normalisasi SURIANI (58), korban banjir bandang di Batang Kabung Ganting.

PADANG, HALUAN—Di­terjang banjir bandang lalu, satu unit rumah warga di Batang Kabung Ganting Kecamatan Koto Tangah Padang, hampir jatuh ke sungai, Rabu (19/10). Satu keluarga terancam tidak punya tempat tinggal.

Tidak hanya rumah warga, satu sekolah dan satu musala juga menjadi keganasan banjir lalu. Dari pantauan Haluan ke lokasi rumah warga di Ganting Batang Kabung, terlihat dapur dari rumah tersebut sudah habis terbawa harus sungai waktu banjir lalu.

Suriani (58) pemilik rumah mengatakan dulunya air sungai jauh dari rumahnya. Tetapi karena aliran sungai yang ber­be­lok-belok hingga menghan­tam tebing di bibir sungai dan mengenai rumah mereka.

Lanjutnya, saat banjir yang lalu ketinggian air mencapai satu meter di dalam rumah itu, mereka sekeluarga hanya pasrah kalau rumah itu dibawa arus.

“Sampai saat ini belum ada bantuan dan tanggapan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang,” tegasnya.

Hanya saja sewaktu dua hari sesudah banjir datang Wakil Wali Kota Padang Emzalmi datang kesini, dan menjanjikan akan menormalisasi sungai tersebut agar tidak menerjang pemukiman warga, tetapi sam­pai saat sekarang belum ter­laksana, tambahnya lagi.

Hal senada juga diutarakan oleh Yuniarti selaku Guru yang mengajar di SDN 49 Ganting Padang, bahwa pihak sekolah mengaku cemas disaat hujan turun.

Pasalnya jarak bangunan sekolah dengan bibir sungai kurang lebih Satu meter. Se­hingga kalau banjir datang, akan mengenai bangunan sekolah tersebut.

“Kami pihak sekolah telah mengajukan proposal kepada Pemko Padang, agar me­nang­gulangi sungai yang memba­hayakan sekolah dan murid-murid kami.

Namun sampai saat ini be­lum ada tanggapan yang dila­kukan oleh Pemko terkait pro­posal dan ketakutan kami, “tegasnya lagi.

Dikatakannya, jika sungai tidak segera dinormalisasi, maka 85 murid terancam tidak sekolah. (h/mg-rul)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM