Elpiji Melon Diduga Oplosan Beredar di Duri


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:30:53 WIB

DURI, HALUAN — Gas elpiji diduga hasil oplosan ditengarai banyak beredar di Duri, Provinsi Riau. Dugaan tersebut dikemukakan pemuka masyarakat setempat, Nazaruddin Ritonga, Kamis (20/10).

Tak hanya itu, kata Nazaruddin, isi gas yang tak mencukupi pun sudah kerap dikeluhkan konsumen di daerah ini. Dia sendiri pernah mengalami. Karena dugaan kecurangan tersebut, akan sangat merugikan banyak kon­sumen, ia minta para pihak terkait turun tangan.

“Saat sarapan pagi di Jalan Pertanian (Kamis pagi), saya dapat kabar dari pemilik warung kalau gas elpiji tiga kilo yang baru dia pasang tak menyala normal. Saat diguncang, seperti ada cairan di dalamnya. Bisa jadi air atau yang lainnya. Ini sangat merugikan konsumen. Karena itu, kita minta pihak kepolisian maupun disperindag turun melakukan penindakan,” pintanya.

Dikatakannya, saat dicek ke pemilik warung sarapan pagi Mak Uniang di Jalan Pertanian RT 4 RW 3 Kelurahan Duri Barat, pemilik usaha, Ira Liana (45) dan anaknya Tomi (25) tak me­nam­pik kenyataan tersebut. Menurut Ira, sebanyak 13 tabung gas elpiji tiga kilo pesanannya masuk, Selasa (18/10).

Saat mengganti tabung gas lama dengan yang baru, Kamis (20/10) pagi, Ira dan anaknya kaget. Pasalnya, nyala kompor gas tak seperti biasa. Apinya redup. Begitu diguncang nyala apinya agak membesar, tapi hanya sebentar dan selepas itu redup lagi.

“Jangan-jangan kompornya yang bermasalah. Saat dicek, rasanya normal. Tabung gas kedua dipasang. Hasilnya sama. Saat diganti dengan tabung ketiga, baru nyala dengan normal,” ujar Tomi didampingi ibunya.

Tanpa bermaksud menyalahkan siapa-siapa, Ira minta agar masalah seperti ini mendapat perhatian serius dari pihak terkait. Dulu, ibu enam anak ini pun pernah merasa dirugikan. Gas 12 kilo yang dia pesan habis dalam sekejap.  “Kasihan kalau warga kurang mam­pu sempat terbeli gas seperti ini. Makanya kita berharap pihak terkait serius,” harapnya.

Terkait temuan gas yang tak normal ini, Kepala UPTD Perindag Kecamatan Mandau, Sitinjak langsung turun ke TKP. Dia belum bisa memastikan apakah dua tabung gas tiga kilo di warung sarapan pagi itu hasil oplosan atau tidak.

“Itu belum bisa kita pastikan. Akan kita cek terlebih dulu. Pangkalan yang mendrop gas ini pun akan kita mintai keterangan. Jalur distribusi gas dari SPBE, agen, pangkalan hingga sampai ke konsumen pun akan kita telusuri,” ujarnya.

Siang itu (kemarin,red), satu tabung gas yang bisa jadi berisi air seperti kasus temuan di Jawa, langsung dibawa kepala UPTD untuk dicek. Sitinjak mengimbau kepada konsumen untuk lebih teliti. Seharusnya, konsumen menimbang gas tersebut sebelum membeli.

“Itu wajib hukumnya. Pangkalan pun diwajibkan menyediakan tim­bangan. Kita juga minta semua pimilik usaha gas elpiji jujur. Jangan main-main, suatu saat pasti terjebak. Yang akan rugi mereka sendiri. Terbukti melanggar, izin bisa dicabut. Pelaku pun bisa berurusan dengan polisi karena dugaan penipuan,” ungkapnya. (h/nas/net)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 23 Juli 2015 - 19:04:19 WIB

    HET Elpiji 3 Kg Naik Lagi

    RAKYAT MAKIN SUSAH

    PEKANBARU, HALUAN — Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Pekanbaru sedang membahas besaran kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpji 3 kilogram. Pasalnya pihaknya tel.

  • Kamis, 21 Mei 2015 - 18:30:30 WIB

    Pemerintah Diminta Pantau Peredaran Gas Elpiji

    PEKANBARU, HALUAN — Ang­gota Komisi II DPRD Kota Pe­kanbaru, Dapot Si­naga, me­minta agar Dinas Perin­dustrian dan Per­da­ga­ngan (Disperindag) Kota Pe­kanbaru, terus me­la­kukan pantauan terh.

  • Ahad, 11 Januari 2015 - 19:26:13 WIB

    Harga Gas Elpiji 3 Kg Capai Rp33 Ribu

    BAGANSIAPIAPI, HALUAN — Tidak teraturnya alur distribusi gas elpiji di daerah, kian hari makin tampak saja. Di Rokan Hilir misalnya. Saat ini, gas elpiji ukuran 3 kilogram dijual dengan harga yang sangat tinggi, bisa men.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM