200 Bibit Pohon Ditanam di Rumah Warga


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:33:14 WIB
200 Bibit Pohon  Ditanam di Rumah Warga Bupati Pasaman Yusuf Lubis melihat jenis tanaman yang diserahkan oleh rimbawan cilik. (YUDI)

PASAMAN, HALUAN — Berbagai cara terus digalakkan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman untuk melakukan penghijauan di daerah tersebut. Selain melakukan sosialisasi, Pemkab Pasaman juga langsung turun tangan melakukan penanaman pohon di rumah-rumah warga.

Seperti yang dilakukan Dinas Kehutanan Pasaman bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasaman, di Jorong Kampung Tujuh, Nagari Tan­jung Betung, Kecamatan Rao Selatan. 

Mereka, melakukan pena­naman berbagai macam pohon buah-buahan di pekarangan warga sekitar.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Pasaman, Yozar­wardi saat dikonfirmasi awak media menerangkan pena­naman pohon yang dilakukan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat membiasakan diri untuk melakukan penghijauan.

“Aksi yang kita lakukan bersama ibu-ibu TP-PKK ini sekaligus mengajak masyarakat melakukan penghijauan, ter­khusus di rumah mereka sen­diri, sehingga nantinya hasil yang dihasilkan dari pohon tersebut juga dapat dinikmati oleh masyarakat itu sendiri,” tuturnya.

Selain itu, juga untuk pe­neduh halaman rumah warga sendiri yang nantinya mem­buat suasana disekitar rumah menjadi segar karena udara yang dihasilkan dari pohon menjadi dingin. Lebih jauh ia mengatakan, sedikitnya 200 pohon berbagai jenis buah-buahan ditanami di halaman masyarakat setempat.

“Kita bersama ibu-ibu Tim Penggerak PKK Pasaman me­la­kukan penanaman 200 ba­tang bibit mangga, rambutan dan jambu air di halaman rumah warga di Kampung Pancahan Baru Jorong Kam­pung Tujuh Nagari Tan­jung Betung,” kata Yozarwadi.

Menurutnya bibit mangga, rambutan dan jambu tersebut ditanam ibu-ibu TP-PKK ber­sama masyarakat di area peka­rangan rumah sebanyak 135 Kepala Keluarga (KK) di ka­wasan itu.

“Kita berharap kepada masyarakat Kampung Pan­cahan Baru Jorong Kampung Tujuh Nagari Tanjung Betung agar memelihara tanaman ter­sebut sehingga menjadi tumbuh dan besar. Sebab manfaatnya banyak bagi warga sendiri,” ujar Yozarwadi.

Sementara itu, Ketua TP PKK Pasaman, Ny. Gustinar Yusuf Lubis menambahkan, aksi penanaman pohon di ru­mah warga ini dilakukan dalam rangka mengajak masyarakat untuk membiasakan diri mela­kukan berbagai jenis pohon di rumah mereka sendiri.

“Seperti yang kita ketahui, saat ini tidak saja di Pasaman, di daerah lain yang ada di Indonesia sudah sangat gerah dengan keadaan cuaca yang dari hari ke hari semakin panas saja. Untuk itu, jika kita melakukan penanaman pohon, khususnya di rumah kita sendiri, tentu nantinya akan ada efek positifnya, disamping buah yang dapat kita konsumsi, juga dapat melindungi rumah kita dari cuaca panas,” ung­kapnya.

Ia berharap, seluruh ma­syarakat Pasaman dapat men­jadikan ini contoh yang baik. Dan dapat menjadikan ini suatu kebiasaan melakukan pena­naman pohon, yang tentunya banyak dampak positifnya ketimbang sisi negatifnya. (h/mg-yud)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]