Festival Internasional Pencak Silat, Dimeriahkan 1.067 Pesilat


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:35:27 WIB
Festival Internasional Pencak Silat, Dimeriahkan 1.067 Pesilat NASRUL ABIT memukul gong tanda dimulainya festival internasional pencak silat 2016, Kamis (20/10) di GOR Semen Padang.

PADANG, HALUAN — Se­ba­nyak 1.067 pesilat mengi­kuti Festival Internasional Pencak Silat yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang. Kegiatan sendiri digelar di GOR Semen Pa­dang pada tanggal 20-23 Oktober dan dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Kamis (20/10).

“Tujuan digelarnya acara ini adalah untuk menjalin silahturahmi antar para pesi­lat yang berada di Indonesia maupun dari luar negeri,” ujar Kadispora Kota Padang yang juga Ketua Panitia ke­gia­tan, Suardi, Kamis (20/10).

Para peserta sendiri da­tang dari berbagai negara tetangga. Seperti dari Jepang satu orang, Malaysia 12 orang, Singapura 10 orang, dari negara bagian Malaysia yaitu Kelantan sebanyak 10 orang dan Korea sebanyak 10 orang. “Ada juga dari ISI Padang Panjang sebanyak 10 orang. Mereka ini berasal dari berbagai negara seperti, Itaia, Madagaskar dan negara lainnya,” ungkap Suardi.

Lebih jauh Suardi me­nga­ta­kan kalau kegiatan Festival Internasional Pen­cak Silat ini dibagi dalam dua tahap. “Tahap pertama digelar untuk anak nagari yang digelar pada 17-20 Oktober. Kegiatan ini diikuti 27 sasaran yang ada di Kota Padang dengan jumlah pe­serta sebanyak 457 orang,” tuturnya.

Ia melanjutkan, panitia mempersiapkan penghar­gaan bagi para pemenang dengan dua macam kategori yakni juara umum nasional dan juara umum tingkat Sumatera Barat dengan total hadiah Rp115 juta ditambah tropi pemenang.

Ketua IPSI Sumbar, Fauzi Bahar menambahkan, festival ini merupakan ajang bagi sasa­ran silat bukan saja di In­donesia namun juga luar negeri untuk unjuk gigi dan kemampuan dari latihan yang digelar selama ini.

“Ini konsep luar biasa yang dilakukan oleh Pemko Padang. Kegiatan ini bisa dijadikan kesempatan untuk bertanding sekaligus bersi­laturami karena, pencak silat pada dasarnya menga­jar­kan prinsip persauda­raan,” ujarnya.

Gubernur Sumbar yang diwakili Wagub Nasrul Abit mengapresiasi gagasan dan festival yang melibatkan pesilat terbaik nasional itu. Menurutnya kegiatan harus terus dilestarikan dan men­jadi kegiatan rutin karena, merupakan sebuah sarana dalam melestarikan pencak silat bukan saja di daerah asalnya, Minangkabau na­mun  hingga ke luar negeri.

Dengan besarnya animo dan harapan beberapa kala­ngan membuat Walikota Padang Mahyeldi Ansha­rullah semakin termotivasi menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin.

Hal itu menurutnya se­lain membe­rikan kesem­patan bertan­ding bagi atlet pencak silat baik di Indo­nesia hingga negara tetang­ga, kegiatan ini juga meru­pakan wadah da­lam me­ngem­balikan marwah pen­cak silat yang dulunya berasal dari Sumatra Barat.  (h/san)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM