43 Nagari Laksanakan Pilwana, Calon Petahana Bertumbangan


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:40:19 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Pemilihan Walinagari (Pilwana) serentak di 43 nagari dari 52 nagari pada 11 kecamatan di Kabupaten Dharmasraya, Kamis (20/10), berlangsung aman dan kondusif.

Hasil rangkuman Haluan, sementara calon Walinagari incumbent yang ikut berkompetisi dalam pesta demokrasi di nagari tersebut, makin berguguran.

Sepertinya, masyarakat makin demokratis saja, terutama sekali dalam mengeluarkan hak pilihnya, guna menentukan pemimpin di pemerintahan terdepan itu.

Untuk di Kecamatan Koto Baru, laporan sementara terungkap bahwa empat nama sudah diketahui memperoleh suara terbanyak. Di­antaranya adalah Picok Adera yang berjaya me­rebut angka terbanyak di Nagari Ampang Ku­ranji. Sementara di Nagari Koto Padang, Su­parman Hadi tidak terkejar oleh Toriq Martayana dalam perolehan suara. Di Nagari Koto Baru, Z. Lubis menang telak atas Habibi dan Iceng, SH.

Sementara Walinagari Sialanggaung, peta­hana Syahrial menumbangkan lawannya Rosandi Sanjaya Putra dengan angka telak.

Kemudian, dari Kecamatan Sitiung, ada dua nagari yang ikut menggelar Pilwana. Adalah Nagari Sungai Duo dan Sitiung. Sedangkan Nagari Siguntur dan Gunung Medan, sudah terlebih dulu melakukan alek ini.

Hasil sementara, Nagari Sungai Duo, dibukukan Ali Amran dan di Sitiung, diraih Walinagari Yulis, yang berhasil menumbangkan incumbent Syarifuddin.

Di Kecamatan Pulau Punjung, hasil semen­tara untuk Nagari Sikabau, diamanahkan kepada Abdul Razak. Ia mengungguli kandidat lain­nya. Di Nagari Sungai Dareh, Hendri Koko meraup suara terbanyak, untuk menjadi walinagari periode 2016 - 2022. Untuk Nagari IV Koto Pulau Punjung, calon walinagari David Iskan memenangkan alek demokrasi tersebut.

Di Nagari Sungai Kambuik, Calon Wali­nagari Asrial, menjadi peraih suara terbesar dari kompetisi ini.

Di Nagari Gunung Selasih, petahana Agusnaldi Dt. Rajo Adil, harus mengakui kekalahannya dari pendatang baru, Edi Syahroni (Aci). Sementara di Nagari Tebing Tinggi, Nedi dipercayai memimpin nagari ini.

Kemudian, di Kecamatan Sungai Rumbai, Walinagari Petahana, H. Rasul Hamidi Dt. Saridano, kembali memegang tampuk peme­rintahan nagari di Nagari Sungai Rumbai. Begitu pula di Nagari Sungai Rumbai Timur, incumbent kembali berjaya, yakni Arisman dan Nagari Kurnia Koto Salak, dimenangkan H. Muhammad Nasir.

Kecamatan Koto Salak, di Nagari Koto Salak, terpilih Apriwandi, Nagari Tanjung Simalidu, kembali berjaya petahana, Ismail. Nagari Pulau Mainan, dipercayai kepada Sabirudin dan Nagari Padukuhan, Vice.

Kecamatan Tiumang, Nagari Tiumang di­ungguli Syafrizal, incumbent. Nagari Sungai Lang­kok, Narim Iman, Nagari Koto Beringan di­percayakan kepada Suherman Dt. Rajo Sulaiman. “Nagari Sipangkur sudah digelar,” kata Ilka, warga Tiumang kepada Haluan kemarin.

Kecamatan Padang Laweh, ada tiga nagari yang melakukan Pilwana. Antara lain, Nagari Padang Laweh diamanahi kepada Sarol, Nagari Sopan Jaya dimenangkan Hari Asmanto, walinagari termuda di Dharmasraya, yang berusia 25 tahun. Kemudian, Nagari Muaro Sopan dipimpin St. Rian.

Untuk Kecamatan Timpeh, Nagari Tabek diraih Munawar, yang menumbangkan peta­hana Bakri. Di Nagari Tabek Panyubarangan, Suwanto dan Nagari Taratak Tinggi, diungguli Ahmad Sadar serta M. Yunas, dipercayai menjadi Walinagari Ranah Palabi.

Kecamatan Koto Besar, dilangsungkan Pilwana pada empat nagari. Untuk Nagari Koto Gadang, Irvan Putianto, Nagari Koto Laweh, Rahman, Nagari Koto Tinggi, Andestra, dan Nagari Bonjol, Walkasri. “Inilah hasil sementara pemilihan walinagari serentak di Dharmasraya,” terang Kabag Tata AdministrasiPemerintahan Setdakab, Asril, M.Si. (h/mdi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 Januari 2020 - 17:32:12 WIB

    7.143 Rumah Penerima Manfaat PKH Sijunjung Diberi Label

    7.143 Rumah Penerima Manfaat PKH Sijunjung Diberi Label SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sijunjung melakukan pelabelan rumah kepada 7.143 keluarga penerima manfaat PKH (Program Keluarga Harapan) yang ada.
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 20:10:14 WIB

    Duh, 343,09 Ribu Penduduk Sumbar Masih Miskin

    Duh, 343,09 Ribu Penduduk Sumbar Masih Miskin PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Pusat (BPS) Statistik Provinsi Sumbar mengungkapkan secara umum pada periode 2007-2019, tingkat kemiskinan di Sumbar mengalami baik dari sisi jumlah maupun persentase. Selama satu dasawarsa j.
  • Senin, 13 Februari 2017 - 08:00:34 WIB

    Spj Fiktif Capai Rp43 M, YSN Baru Kembalikan Rp500 Juta

    Spj Fiktif Capai Rp43 M, YSN Baru Kembalikan Rp500 Juta .
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 01:26:15 WIB

    Setahun, 2.436 Anjing Tewas Diracun

    PAINAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, pada 2016 ini berhasil melakukan eliminasi (peracunan) anjing liar sebanyak 2.436 ekor. Kegiatan eliminasi anjing liar tersebut dimaksud untuk menjaga keselamatan mas.
  • Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:08:11 WIB
    PEMEKARAN NAGARI DI PADANG PARIAMAN

    Kemendagri Akui Pemekaran 43 Nagari

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Penantian panjang untuk diakuinya 43 Nagari pemekaran di Kabupaten Padang Pariaman oleh Kementerian Dalam Negeri RI terjawab sudah. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM