Disparsenibud Gelar Lomba Tambua Tansa


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:41:41 WIB
Disparsenibud Gelar Lomba Tambua Tansa Bupati Agam Indra Catri memukul gendang tambua tansa tanda dibukanya festival Danau Maninjau di Kabupaten Agam. (KASRA)

AGAM, HALUAN — Untuk memeriahkan Festival Pesona Danau Maninjau yang digelar ada 3 sampai 4 November 2016, Dinas Parsenibud Agam meng­gelar sejumlah lomba tradisi khas daerah setempat, di antara­nya lomba dayung dan tambua tansa.

Selain guna menyedot arus pengunjung, kegiatan lomba ini juga juga merupakan upaya pelestarian beragam budaya masyarakat, terutama budaya khas yang makin tergerus oleh zaman dan intervensi budaya asing.

“Dalam hal ini, untuk men­gan­tisipasinya Pemkab Agam sangat komit dengan peles­tarian kekayaan budaya Mi­nang, ykni dengan melakukan perlombaan dan pertunjukan dalam berbagai iven seperti festifal pesona danau Maninjau,” kata Kepala Dinas Pariwisata Agam, Hadi Suryadi.

Juga dikatakanya, festifal pesona danau Maninjau yang dipusatkan di objek wisata Muko-Muko diharapkan men­dapat kunjungan ramai wisata­wan karena acaranya akan me­nam­pilkan banyak acara seni dan hiburan lainnya, sehingga target kunjungan tercapai.

“Adapun target kunjungan wisata ke Agam tahun 2016 ini sebanyak 550.000. Sementara dari Januari-Juli 16 baru tercatat sebanyak 278.402 pengunjung. Dengan festival ini diharapkan target tersebut akan tercapai,” kata Hadi.

Wilayah seputar Danau Ma­nin­jau merupakan destinasi uta­ma wisata di Agam. Wilayah ini kaya dengan panorama alam seperti Puncak Lawang, Ambun Tanai, Ambun Pagi, Bukik Sa­kura, Kelok 44 dan sejumlah tempat di sekitaran danau, juga ada keajaiban alam “aia tigo raso” di Nagari Koto Malintang. (h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM