Sapi di Pessel Berkeliaran, Perda Tibum Tak Jalan


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:42:30 WIB
Sapi di Pessel Berkeliaran, Perda Tibum Tak Jalan Gerombolan ternak sapi berjejeran dijalan Nasional Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (20/10). (OKOS MARDIANSYAH)

PAINAN, HALUAN — Hingga saat ini masih banyak hewan ternak Sapi ditemukan berkeliaran sepanjang jalan Nasional yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Hal yang tidak elok dipandang mata ini, tentunya sangat mengancam keselamatan para pengendara yang nantinya akan melintasi jalan umum tersebut.

Pantauan Haluan di lapa­ngan, terlihat disejumlah jalan Na­sional yang ada di Kabupaten Pe­sisir Selatan, seperti Ke­ca­matan Sutera, Kecamatan Ba­tang Kapas, hingga Kecamatan IV Jurai, hampir setiap hari ter­li­hat hewan ternak jenis Sapi ber­keliaran tanpa diketahui sia­pa pemiliknya. Bahkan tak ha­nya satu ekor, namun sampai ber­gerombolan lebih dari 10 ekor berjejeran di sepanjang jalan.

Kepala Satuan Polisi Pa­mong Praja (Kasat Pol PP) Hasrial Amri, melalui Kasi Ops Deni Anggara mengatakan kepada Haluan, untuk pe­nerti­ban hewan ternak di daerah itu, Satpol PP masih mengutamakan kawasan Kota Painan yaitu Kecamatan IV Jurai.

“Ya, meski sudah ada Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum. Namun, sejauh ini hanya bisa diterapkan untuk wilayah Painan saja. Sebab sebanyak 15 kecamatan yang ada di Pessel belum selu­ruhnya terkontrol, karena di­batasi oleh personil dan ang­garan yang minim,” terangnya. Kamis (20/10).

Dijelaskannya, untuk sosia­li­sasi juga sudah dilakukan se­cara langsung kepada pemilik ter­nak. Bahkan untuk penin­da­kan se­perti halnya sanksi tegas dan denda sudah diterap­kan, namun sejauh ini belum men­da­patkan respon positif dari ma­syarakat. “Sebenarnya pe­milik ter­nak aja yang tidak peka ter­ha­dap Perda Tantribum ini, pa­dahal sesuai aturan Perda no­mor 1 tahun 2016 tentang Ke­ten­traman Ma­syarakat dan Ke­ter­tiban Umum sudah dije­laskan ba­gi pemilik hewan ternak Kam­bing Rp­100.000 dan Sapi Rp­250.000,” jelasnya. (h/mg-kis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]