PANTAI PADANG PENUH SAMPAH

Pengunjung Harus Jaga Kebersihan


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:44:13 WIB
Pengunjung Harus Jaga Kebersihan Cuaca buruk yang melanda kota Padang selama beberaa hari belakang menyebabkan tumpukan sampah menggunung di Pantai Padang, Selasa (18/10). Sampah ini merupakan buangan dari hulu sungai yang terbawa kepantai karena badai. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN—Me­nanggapi kurang terjaganya kebersihan di sekitar Pantai Padang,  Kepala Dinas Kebu­dayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi menya­takan hal ini disebabkan kurangnya kesadaran masya­rakat untuk menjaga keber­sihan.

Menurut Medi kurang terjaga kebersihan di Pantai Padang karena kebiasaan dari pengunjung yang suka mem­buang sampah sembarangan. Mereka berpikir bahwa sam­pah yang dibuang semb­a­rangan ada petugas keber­sihan yang akan mem­bersih­kan.

“Janganlah buang sam­pah sembarangan di Pantai Padang. Bahkan ke semua tempat wisata harap tidak melakukan hal ini,”ucap Me­di pada Haluan Jumat (20/10).

Medi menyatakan tong sampah yang tersedia Pantai Padang memang dirasakan kurang. Selain itu kondisi pembangunan di kawasan Cimpago yang sedang mem­bangun pun, membuat tong sampah yang tersedia dihi­lang­kan.

“Nantinya setelah pem­bangunan pedestrian selesai tong sampah akan kembali dipasang. Selain sampah, banyak terdapat tum­pukan material bangunan,” tuturnya.

Ditambah lagi, per­masa­lahan kebersihan di Pantai Padang juga disebabkan ke­tika hujan sehingga menye­babkan semua sampah yang di hulu sungai hanyut ke muara sungai dan menumpuk di Pantai Muara Lasak

“Hal ini disebabkan peri­laku masyarakat yang buang sampah sembarangan di hulu sungai, sehingga  mengaki­batkan sampah menumpuk di Pantai Padang,”tutur Medi.

Menurut Medi Pantai Padang tidak terlalu banyak menghasilkan sampah. Ha­nya pada hari libur dan Sabtu serta Minggu saja volume sampah yang agak banyak.

Menurut Medi ada 70 orang petugas kebersihan yang bekerja di sepanjang Pantai Padang. Petugas ke­bersihan bekerja dua kali sehari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB kemudian dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB sam­pai 16.00 WIB.

“Petugas kebersihan su­dah menjaga kebersihan de­ngan bekerja dari pagi hingga sore. Namun jika pengunjung tidak bisa menjaga ke­ber­sihan tentu sampah akan berse­rakan dimana-mana. Kesa­daran pengunjung sa­ngat dibutuhkan dalam ter­jaganya pantai yang bersih,” ucap Medi.

Sementara itu, Ketua As­so­ciation of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Indonesia Asnawi Bahar menyatakan keber­sihan sangat diperlukan untuk mendatangkan pengunjung. Apalagi saat sekarang ini Pantai Padang sudah menjadi objek vital wisata.

“Kebersihan harus dapat dijaga. Selain itu fasilitas pun harus tetap disediakan oleh pemerintah sebagai sarana menjaga kebersihan,” ucap­nya. (h/mg-mel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]