Dua Hotel Syariah Belum Bayar Pajak


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:45:27 WIB

PADANG, HALUAN — Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kota Padang akan mela­kukan pemasangan stiker belum bayar pajak, di Hotel Nabawi Syariah l jalan Sumatera No. 4 Ulak Karang, dan Nabawi Syariah ll jalan Veteran No. 51 Purus, Kota Padang.

Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan Dipenda Kota Padang, Budi Payan, Kamis (20/10) menegaskan, pemasangan dilakukan setelah melalui beberapa proses terhadap hotel tersebut.

“Kami, sudah tiga kali melakukan pemanggilan kepada pemilik hotel. Namun, tidak pernah datang. Mereka, hanya me­ngirim stafnya saja,” ujarnya.

Pihaknya,  sudah mengirim teguran pertama sejak ( 4/10). Tapi sampai kini, tidak diacuhkan. Teguran kedua, akan dila­yangkan pada (21/10).

“Kalau teguran sudah dilayangkan dua kali, maka yang ketiga adalah surat peri­ngatan terakhir. Kalau juga tidak diindahkan, maka akan di proses sesuai hukum yang berlaku,” jelasnya. Sanksinya berupa, pemasangan stiker tidak membayar pajak hotel dan izin hotel yang bersangkutan akan dievaluasi. Tidak tertutup kemungkinan, izin hotel tersebut akan dicabut.

“Kami,  akan berkoordinasi dengan BPMPTSP Kota Padang selaku instansi yang mengeluarkan izin dan Satpol PP, sebagai instansi penegak Perda,” pungkasnya.

Untuk menghitung kerugian daerah dari sektor PAD berupa pajak hotel dari Hotel Nabawi l dan ll, akan dilakukan pemeriksaan khusus. Dan itu,  bisa berujung pada tindak pidana perpajakan sesuai dengan UU No. 28 tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah serta Perda Kota Padang No. 8 tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

“Semua hotel yang beroperasi di Kota Padang,  wajib hukumnya membayar pajak hotel, tanpa ada pengecualian. Kami, akan bersikap tegas dalam menegakkan aturan,” cakap Budi.

Anggota Komisi III DPRD Kota Padang Amrizal Hadi, mendukung sikap tegas Dipenda. Sebab, tanpa ketegasan maka pihak hotel akan lalai membayar pajak, bahkan tidak sama sekali.

“DPRD dukung sekali, bahkan akan membantu Dipenda. Jika perlu, laporkan ke DPRD  pihak hotel bermasalah dan akan kami tinjau ke lapangan,” katanya. (h/ade)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]