PEMPROV SUMBAR-BTN JALIN KERJA SAMA

3.000 Rumah Subsidi untuk ASN


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:45:49 WIB

PADANG, HALUAN — Se­banyak 3.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumbar ber­pe­luang mendapatkan rumah ber­subsidi. Program ini di­ha­rapkan dapat me­menuhi ke­bu­tuhan rumah untuk ASN di setiap golongan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pro­vinsi Sumbar Ali Asmar me­ngatakan, kebutuhan akan rumah sangat berpengaruh dan penting bagi ASN untuk menunjang kinerjanya. Ber­dasarkan data yang ada ter­dapat lebih kurang 2600 ASN membutuhkan rumah, untuk semua golongan. Ia juga m­engatakan, dengan adanya subsidi rumah bagi ASN ini, akan membantu untuk me­nunjang kinerja ASN dan akan menjadi awal pem­ba­ngunan rumah untuk ASN.

Selama ini, salah satu faktor yang menyulitkan untuk membangun peru­mahan bagi ASN adalah ketersediaan lahan, karena mayoritas kepemilikan la­han adalah masyarakat pri­bumi. Namun Bank Tabu­ngan Negara (BTN) sudah siap dengan ketersediaan lahannya untuk pem­ba­ngu­nan rumah ASN.

“Lahan tersebut banyak kepunyaan masyarakat, se­hing­ga prosedur sangat sulit untuk men­dapatkannya. Se­mua kita serahkan kepada pengembang dan BTN,” ujarnya usai penandatangan naskah perjanjian kerjasama antara Pemprov Sumbar dan Bank Tabungan Negara (BTN), Kamis (20/10) di rua­ngan rapat lantai II escape building kantor gubernur.

Melihat kondisi saat ini, masih banyak ASN yang tinggal di rumah kontrakan atau tinggal bersama mertua, untuk itu ia menyarankan agar ASN untuk me­man­faatkan kesempatan ini.

Kepala CMFD BTN Pu­sat, Dewi Fitrianingrum di­dam­pingi Kepala Cabang BTN Padang Ali Irfan me­nga­takan, BTN menargetkan 3000 rumah Kredit Peru­mahan Rakyat (KPR) ber­subsidi untuk ASN di ling­kungan Pemprov Sumbar. Sementara itu, untuk ASN di 19 Pemerintah kabupaten kota mempunyai kuota ter­sendiri.

“BTN hanya penyandang dana KPR, sehingga untuk lokasi sesuai dengan kebu­tuhan yang diinginkan kon­sumen. Maka, BTN me­ngan­deng mitra untuk pem­ba­ngunan rumah dengan me­ngandeng pengembang. Ditma­ban untuk kontruksi, sa­­rana prasarana dan KPRnya saja,” ulasnya.

Untuk mendapatkan ru­mah bersubsidi ini, KPR memberikan kemudahan dengan proses yang murah, cepat dan tepat serta bunga yang rendah hanya 5 persen dengan jangka waktu sampai 25 tahun. Untuk harga ru­mah bersubsidi ini di Kota Padang senilai Rp116 Juta, ber­variasi setiap kota.

“Program rumah ini su­dah jalan di seluruh pro­vinsi, tetapi untuk di Sum­bar agak sedikit ter­lambat karena ada beberapa hal. Mudah-mudahan dengan ada program ini akan dapat saling menguntungkan an­tara Pemda dan BTN, se­hingga nanti akan me­ngang­kat pendapatan perka­pita di Sumbar,” ujarnya. (h/rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Juli 2017 - 11:16:30 WIB
    DIFUNGSIKAN MINGGU INI

    Inpres III Mampu Tampung 3.000 Pedagan

    Inpres III Mampu Tampung 3.000 Pedagan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Bangunan Pasar Inpres III Pasar Raya Padang, ditargetkan Pemerintah Kota Padang bisa menampung 3.000 pedagang. Langkah ini dilakukan Pemerintah Kota Padang untuk menata pedagang agar Pasar Raya ti.
  • Jumat, 18 November 2016 - 00:51:00 WIB

    Jaga Keutuhan NKRI, 3.000 Perda Dibatalkan

    PADANG, HALUAN — Lebih dari 3.000 Peraturan Daerah (Per­da) di Indonesia dibatalkan Ke­menterian Dalam Negeri demi menjaga keutuhan Negara..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]