2 TAHUN JOKOWI-JK, MAHASISWA SUMBAR BERUNJUK RASA

Hendra: Akan Diteruskan ke Pusat


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:47:04 WIB
Hendra: Akan Diteruskan ke Pusat KETUA DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim menyambut para pengunjuk rasa di teras DPRD Sumbar, Kamis (20/10).

PADANG, HALUAN —Ber­te­patan dengan dua tahun pemerintahan Jokowi-JK yang jatuh pada 20 Oktober, ratusan mahasiswa yang me­namakan diri Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatera Barat (Sumbar) ber­unjukrasa ke gedung DPRD Sumbar, Kamis (20/10).

Pada aksi yang dimulai dari pukul 10.00 hingga sekitar pukul 11.30 siang tersebut ada lima tuntutan yang disuarakan mahasiswa terhadap pemerintahan

Jokowi-JK. Koordinator aksi unjuk rasa, Edi Kurniawan me­ngatakan, tuntutan mahasiswa tak muluk-muluk. Mereka hanya ingin, Presiden Jokowi menindak tegas mafia kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di bebe­rapa wilayah. Seperti di Kaliman­tan dan Sumatera. Kemudian, menuntut pemerintah menolak reklamasi Teluk Benoa dan Teluk Jakarta. “Kami juga meminta presiden menghapuskan program pengampunan pajak (tax amnesty) yang tidak prorakyat,” ungkapnya.

Selanjutnya, menolak per­panjangan izin ekspor PT Freeport setelah Januari 2017. Serta meno­lak hukum kebiri yang akan diberlakukan pemerintah. “Hu­kum kebiri tak akan menyele­saikan masalah. Selain bertenta­ngan dengan kode etik kedokteran ini juga akan melanggar HAM. Kami menolak ini diberlakukan,” kata Edi.

Lebih lanjut Edi mengatakan, selain beberapa tuntutan tadi mahasiswa ingin terkait persoalan hukum pemerintah menegak­kannya secara tegas tanpa pan­dang bulu. “Jangan sampai mereka yang dekat dengan penguasa dibiarkan melanggar dan seolah-olah tak bisa tersentuh. Hukum harus ditegakkan dengan adil tanpa tebang pilih,” kata Edi.

Dalam hal ini, rombongan mahasiswa diterima langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Sum­bar Hendra Irwan Rahim. Hadir juga anggota DPRD Sumbar Saidal Masfiyuddin dan Muzli M Nur.

Hendra mengatakan DPRD mendengarkan apa yang menjadi tuntutan mahasiswa. Menurut dia mahasiswa sudah menyampaikan aspirasi ke tempat yang tepat. Yaitunya ke gedung DPRD Sum­bar yang notabene kantornya wakil Rakyat. “DPRD bekerja secara kelembagaan dan pada prinsipnya mendukung apa yang disampaikan,” kata Hendra.

Terkait sejumlah tuntutan yang ditujukan pada presiden, DPRD jelas dia, akan menerus­kannya ke pemerintah pusat. Termasuk kepada DPR RI melalui jalur politik. Yakninya kepada anggota DPR Asal Sumbar asal masing-masing partai.

Dikesempatan itu, Hendra juga mengajak perwakilan mahasiswa untuk berdiskusi bersama dirua­ngannya di gedung DPRD. Yang dibicarakan adalah tentang apa yang menjadi keinginan maha­siswa untuk kemudian disam­paikan ke pusat. Usai berdiskusi mahasiswa membubarkan diri dengan tertib. (h/adv)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]