Anggaran Dipotong, Polemik Tapal Batas Tak Tuntas


Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:47:23 WIB

PADANG, HALUAN – Pemotongan anggaran yang dilakukan pemerintah pusat berpengaruh pada proses penyelesaian tapal batas di Sumbar. Sedikikitnya masih ada enam tapal batas kabupaten/kota dan dua tapal batas provinsi yang terganggu dengan pemotongan anggaran di tingkat pusat itu.

Dari data Biro Pemerintahan, enam tapal batas tersebut diantaranya, Kabupaten Padang Pariaman dengan Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman

dengan Kota Padang, Tanah Datar dan Agam, Tanah Datar dengan Padang Panjang, dan Sijunjung dengan Dharmasraya. Untuk pro­vinsi itu Sumbar dengan Provinsi Beng­kulu dan Sumbar dengan Jambi.

“Untuk target tahun ini enam segmen yang memang harus tun­tas, namun karena pemotongan ini ke­mungkinan akan molor dari tar­get,”kata Kepala Biro Peme­rintahan Setdaprov Sumbar, Mardi, kepada Haluan Kamis (20/10) di Padang.

Menurutnya, dengan ketiada­an anggaran fasilitasi yang di Kementerian Dalam Negeri (Ke­men­dagri) terkait dengan rapat tapal batas membuat penyelesaian tapal batas di Sumbar menjadi molor.

Sementara untuk dana di tingkat daerah yang diharapkan dapat menjadi penambal pun tidak mencukupi. “Memang pe­mo­tongan anggaran ini begitu berpengaruh kepada agenda pe­nye­lasaian tapal batas. Apalagi setiap kali rapat itu dengan meng­hadirkan dari Kemendagri dan juga dari kabupaten/kota yang bersangkutan,”katanya kepada Haluan Kamis (20/10) di Padang.

Meski demikian kata Mardi, pihaknya akan terus mengusa­hakan agar penyelesaian tapal batas baik kabupaten/kota mau­pun provinsi dapat segera ditun­taskan. “Sebenarnya kita ingin berlama-lama dengan sengketa tapal batas ini, hanya saja me­mang kondisinya seperti saat ini,”ujarnya.

Biro Pemerintahan sendiri lanjut Mardi, saat ini tengah mencoba untuk melakukan se­buah terobosan penyelesaian sengketa tapal batas khususnya kabupaten/kota dengan mengun­dang pihak-pihak yang beseng­keta untuk rapat di provinsi. “Untuk dananya akan coba ditang­gulangi dulu nanti akan diajukan lagi dalam pembahasan anggaran berikutnya,”paparnya.

Sebenarnya tambah, Kasubag Tapal Batas, Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Zacky Fa­minanda, untuk ada empat seg­men dari enam segmen tapal batas yang telah diajukan ke Kemen­dagri dan saat ini tengah diproses. “Bahkan usulan ini langsung dirapatkan, tiga diantaranya itu diterima Kemendagri dan Triwu­lan I Tahun 2017 akan diumum­kan,”katanya kepada Haluan kemarin.

Meski dilakukannya pemoto­ngan anggaran ini, Zacky sendiri mengaku optimis sengketa tapal batas tersebut akan selesai sesuai dengan target yang ditetapkan Pemprov Sumbar. (h/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]