BERNILAI MILIARAN RUPIAH

Inspektorat Pekanbaru Tangani 4 Kasus Pungli


Sabtu, 22 Oktober 2016 - 00:49:50 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Kepala Inspektorat Pekanbaru, Azmi menyatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan penyelidikan empat kasus pungutan liar (pungli) yang terjadi di lingkungan dinas pendidikan. Tidak tangung-tangung dari empat kasus tersebut, pelaku pungli bisa mengumpulkan dana miliaran rupiah.

Bermodus iming-iming bisa menguruskan seorang guru honorer jadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), pelaku yang inisialnya A bersama guru-guru me­nge­labui korbannya. Cukup de­ng­an membayar uang se­bany­ak Rp35 juta saja, mereka dijanjikan akan diangkat menjadi PNS.

“Kejadian ini sudah ber­langsung sangat lama, yakni sejak tahun 2014 lalu dan sudah banyak korban yang mereka tipu. Pelakunya ada lima orang yang dimotori oleh A bersama guru be­ri­nisial Z, E, H, dan N. Dari mereka berlima, baru H yang sudah diproses hukum dan sekarang sudah bebas. Na­mun, untuk status PNS-nya saat ini sedang diproses pem­ber­hentian,” jelas Azmi, kemarin.

Lebih lanjut Azmi me­nga­takan, dia menekankan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pen­ye­li­dikan ter­hadap seluruh pela­ku pungli tersebut. Karena saat ini pelaku utamanya masih bu­ron, yakni berinisial A.

“Sementara Z yang se­hari-hari bekerja sebagai guru SMA 10, E selaku TU SMA 3 sudah ditahan Polresta Kota Pekanbaru. Meskipun dalam ranah pihak kepolisian, kita masih melakukan pen­da­laman, untuk menetapkan sanksi dan jaringan mereka yang lainnya,” jelasnya.

Ketika ditanyakan apakah pihaknya akan melakukan pembentukan tim pem­beran­tasan pungli, kata Azmi, pihaknya saat ini belum be­ren­cana ke arah situ. Saat ini, tim inspektorat sudah dirasa cukup untuk memberantas kasus pungli di jajaran Pe­merintah Kota Pekanbaru.

“Kita minta kepada ma­sya­rakat jangan percaya de­ngan iming-iming dari siapa­pun dan jangan mau mem­bayar untuk layanan yang tidak jelas. Tanya aturannya, kalau ada baru bayar, tapi kalau tidak maka hak masya­rakat untuk me­nolaknya dan melaporkannya,” ungkapnya. (h/nas/net)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]