Payakumbuh Masuk Nominasi APE Nasional


Sabtu, 22 Oktober 2016 - 00:56:13 WIB
Payakumbuh Masuk Nominasi APE Nasional KETUA tim penilai APE dan Ketua TP-PKK Payakumbuh foto bersama. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Kota Paya­kumbuh masuk nominasi nasional untuk merebut Peng­hargaan Anugrah Pa­rahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA) tahun 2016. Tim penilai pusat, berkunjung ke Payakumbuh, melakukan verifikasi, Jumat (21/10).

Walikota H. Riza Falepi menyampaikan ekspose di depan tim, menyangkut in­deks pembangunan dan pem­berdayaan perempuan dan perlindungan anak di Paya­kumbuh, dalam acara di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh. Hadir Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi, Ke­pala BPMP-KB Drs. Syah­nadel Khairi bersama un­dangan lain.

Tim penilai yang ber­jumlah 3 personil itu, di­pimpin Dr. Yuni Satria M, Phil, MHA. Didampingi Ka­subid Advokasi dan Fasilitasi  BPP-KB Provinsi Sumbar, Henaldi.  Selain Paya­kum­buh, tim juga menilai Kabu­paten Agam dan Provinsi Sumatera Barat.

“Obsesi kita,  tahun ini penghargaan APE yang dite­rima adalah tingkat tertinggi yaitu APE Utama. Komitmen pemko  dalam meningkatkan Indeks Pembangunan dan Pemberdayaan sudah ber­jalan dengan baik,” ujar Wa­likota Payakumbuh Riza Falepi, usai acara  verifikasi, di Balaikota, Jumat (21/10).

Dikatakan Riza Falepi, komitmen pemko diter­je­mah­kan dalam program-program peningkatan kese­jahteraan dan perlindungan anak, peningkatan peran perempuan dalam proses pembangunan, dan pe­ning­katan pengarusutamaan gen­der. Dukungan juga diberikan dalam bentuk kelembagaan, di antaranya dengan mem­bentuk Pusat Pelayanan Ter­padu Pemberdayaan Perem­puan Dan Anak, (P2T­P2­A), Unit Pelayanan Korban Kekerasan terhadap Perem­puan dan Anak di Puskesmas oleh Dinas Kesehatan, pen­dirian Rumah Perlindungan Sosial Anak (RSPA) dan Pembentukan Forum Anak.

Sementara itu, Kepala BPMP-KB Payakumbuh, Drs. Syahnadel Khairi, me­nyebut, selama ini Pemko dalam melaksanakan prog­ram pemberdayaan perem­puan dan perlindungan anak,  benar-benar melibatkan ma­syarakat seluruh lapisan ma­syarakat. “Keterlibatan ma­syarakat dilakukan Pemko dengan menggandeng selu­ruh organisasi wanita, seperti TP-PKK, Dhamawanita, Per­sit KCK, IKD, Bhayangkari, IWAPI, yang kesemuanya tergabung dalam GOW (Ga­bungan Organisasi Wanita),” ungkapnya.

Menurut Syahnadel, sejak 2012, Payakumbuh sudah beberapa kali memperoleh penghargaan APE. Namun, baru sebatas tingkat pratama. Tahun ini, target Paya­kum­buh tingkat utama, ucap Syahnadel optimis. Alasan Syahnadel, karena dalam tiga tahun terakhir, dalam kegi­atan pemberdayaan perem­puan, Payakumbuh selalu mencatat prestasi bergengsi di tingkat nasional. Seperti yang diraih TP-PKK Payakumbuh dalam lomba Gerakan PKK Nasional. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM