Agam Masuk Nominasi APE Nasional


Sabtu, 22 Oktober 2016 - 00:56:53 WIB
Agam Masuk Nominasi APE Nasional KETUA TP-PKK Agam, NyVita Indra Catri saat meninjau hasil kebun TP-PKK. (KASRA)

AGAM, HALUAN — Peran kaum perempuan yang ter­gabung dalam organisasi wa­nita seperti PKK telah mem­berikan kontribusi luar biasa terhadap berbagai sektor pem­bangunan di Kabupaten Agam.

Bupati Agam, Indra Catri mengungkapkan hal itu dalam acara pertemuan verifikasi evaluasi pembangunan pem­berdayaan perempuan dan perlindungan anak tingkat nasional yang dihadiri ketua tim penilaian Anugrah Parahita Ekapraya (APE) atau Penga­rusutamaan Gender (PUG) tingkat nasional tahun 2016 yang dilaksanakan oleh Ke­menterian Pemberdayaan Pe­rempuan dan Perlindungan Anak, Kamis (20/10) di Lubuk Basung.

“Sebagai bukti kontribusi kaum wanita, hampir dari separuh prestasi Kabupaten Agam berasal dari sumbangsih PKK, terutama dalam aspek kesejahteraan keluarga dan keberhasilan perempuan itu tak terlepas dari perhatian pe­merintah melalui SKPD dalam menyukseskan program Penga­rusutamaan Gender,” kata bupati.

Sementara itu, ketua tim penilai APE, Yurni Satria mengatakan, APE merupakan penghargaan yang diberikan kementerian/lembaga dan pe­merintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam me­ng­implementasikan strategi Pengurusutamaan Gender (PUG), pencapaian dan perwu­judan kesetaraan gender, pem­berdayaan perempuan dan perlindungan anak serta me­menuhi kebutuhan anak.

“Ada tiga kategori pene­rima APE tersebut, yakni untuk tingkat pratama, tingkat madya dan tingkat utama. Di Provinsi Sumbar, Agam masuk nomi­nasi penilaian APE tingkat nasional. Dan untuk tingkat kota/kabupaten diwakili oleh Kota Bukittinggi dan Paya­kumbuh,” ulasnya. (h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 22:24:13 WIB

    Amak-Amak Agam: Mulyadi Wujudkan Aspirasi Kami Sebagai Masyarakat Kecil

    Amak-Amak Agam: Mulyadi Wujudkan Aspirasi Kami Sebagai Masyarakat Kecil PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Mulyadi, dinilai sangat memperhatikan kehidupan masyarakat kecil di Sumatera Barat (Sumbar). Tidak terkecuali masyarakat kecil yang berada di Kabupaten Agam, Sumbar. .
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 19:19:50 WIB

    Pakai APD Lengkap, Petugas Medis Kuburkan Seorang Suspect Korona di Agam

    Pakai APD Lengkap, Petugas Medis Kuburkan Seorang Suspect Korona di Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Masyarakat Gasan, Nagari Tiku Selatan terkejut setelah salah seorang warganya dikuburkan oleh tenaga medis dalam keadaan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, Kamis (26/3)..
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 07:26:29 WIB

    Dikenal Peduli, Mulyadi Bantu Masyarakat Agam Tingkatkan Kualitas Hidup

    Dikenal Peduli, Mulyadi Bantu Masyarakat Agam Tingkatkan Kualitas Hidup PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Peningkatan kualitas hidup masyarakat Sumbar selalu menjadi perhatian utama Anggota DPR RI Mulyadi. Pasalnya, masih terdapat masyarakat yang memiliki permasalahan air bersih di daerah berjuluk Tuah.
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 11:10:26 WIB

    Ninik Mamak Agam Dukung NA-Indra Catri

    Ninik Mamak Agam Dukung NA-Indra Catri PADANG, HARIANHALUAN.COM - Di tengah hiruk pikuk politik menjelang Pilkada Sumbar 2020, Nasrul Abit dan Indra Catri sepertinya terus membangun komunikasi yang intens, di beberapa kesempatan acara, baik partai maupun kedinasan.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 21:46:11 WIB

    Komisi II DPRD Agam kunjungi PT AMP di Kecamatan Palembayan

    Komisi II DPRD Agam kunjungi PT AMP di Kecamatan Palembayan AGAM, HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPRD Agam ke PT AMP kali ini ingin mengetahui tentang kontribusi terhadap daerah oleh perusahaan dalam peningkatan PAD Kabupaten Agam, Kedatangan Komisi II disambut oleh Mawardi selaku kepal.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM