Sekarang Mustahiq, Besok Jadilah Muzakkhi


Sabtu, 22 Oktober 2016 - 00:58:28 WIB
Sekarang Mustahiq, Besok Jadilah Muzakkhi WAKIL Walikota Ismed menyerahkan bantuan zakat kepada 37 mustahiq se Kecamatan Lembah Segar. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HA­LUAN — Da­na sebesar Rp65.250.­000,- untuk mustahiq Ke­ca­matan Barangin dan Rp65.­450.000 untuk 37 mustahiq kecamatan Lembah Segar diku­curkan oleh Badan Amil Zakat ( BAZ)  Sawahlunto periode Oktober 2016.

Ketua BAZ Sawahlunto M. Syarif menyebutkan, pe­nyaluran bantuan dana zakat periode Oktober ini lebih difokuskan kepada bantua bedah rumah disamping ba­tuan lainnya seperti Pen­didikan, berobat, jompo, fakir dan untuk usaha. “Un­tuk Barangin kali ini yerbagi tasa tiga jenis bantuan yakni

Pendidikan (Perguruan Tinggi, SLTA dan Sd/TK), Usaha dan Bedah rumah. Sedangkang untu Lembah Segar dibantu mustahiq un­tuk pendidikan, berobat, fakir, bedah rumah dan fi­sabilillah, “ ungkapnya di Kecamatan Lembah Segar, Jumat(21/10).

Dana bantuan zakat un­tuk pendidikan di Kecamatan Barangin terbagi atas bantuan untuk perguruan tinggi se­besar Rp9.000.000, untuk 11 orang, SLTA 8 orang dengan total bantuan Rp4.800.00,- dan SD/TK sebesar Rp3.200.­000,- untuk 11 orang. Sedangkan untuk usa­ha dibantu 6 orang sebesar Rp8.250.000,-. Dan Fokus bulan ini juga dibantu 8 unit rumah dengan total ban­tuan sebesar Rp40.000.000,-.

Sementara untuk Ke­camatan Lembah Segar se­butnya, 21 mustahiq m­e­nerima bantuan pendidikan se­besar Rp13.750.000,-. Bantuan berobat satu orang sebesar Rp500.000,-. Fakir 3 orang sebesar Rp1.700.000,  bantuan untuk 5 orang fisa­bilillah sebesar Rp5.000.­000,- serta Bedah rumah 7 unit sebesar Rp44.500.000.

Wakil Walikota Sa­wah­lunto Ismed yang ber­ke­sempatan hadir meminta kepada para mustahiq pe­nerima bantuan ini agar me­manfaatkan dana sesuai de­ngan peruntukannya, se­hingga apa yang menjadi harapan dengan bantuan itu bisa tercapai. “Bantuan ini agar bisa menjadi harapan dalam perbaikan tingkat kehi­dupan ekonomi warga yang menerimanya. Jika di­gu­nakan untuk usaha mudah mu­dahan usahanya bisa ber­kem­bang sehingga bisa pula nantinya mengeluarkan zakat atau paling tidak keluar dari daftar penerima zakat, “ katanya.

Terkait penyaluran zakat yang dilakukan setiap bu­lan­nya, Ismed sangat meng­apresiasi apa yang dilakukan oleh BAZ tersebut dan ini dinilai lebih mempercepat dan memu­dahkan dalam pem­­berian dan penye­r­a­han­nya serta cepat dalam me­res­pon keinginan warga yang meminta bantuan.

Camat Barangin Subandi dan Camat Lembah Segar Zamril Firdaus menilai ban­tuan dana upaya dalam me­ngen­taskan kemiskinan yang bersinergi dengan program pemerintah, dirasakan mam­pu dioptimalkan melalui bantuan dana BAZ, karena penyaluran bantuan banyak difo­kuskan untuk usaha eko­nomi produktif me­ngop­ti­malkan potensi dan kemauan dari warga yang ada.

Untuk seleksi penyaluran bantuan sebutnya, pihaknya memnerikan data kepada BAZ yang selanjutnya dilakukan terlebih verifikasi ke sasaran yang memasukan proposal, sehingga tepat sasaran kepada yang berhak menerimanya. (h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM