HARI ASPIRASI UNP BERAKHIR

Mahasiswa Pertanyakan UKT dan Prasarana


Sabtu, 22 Oktober 2016 - 01:00:42 WIB
Mahasiswa Pertanyakan UKT dan Prasarana Seratusan mahasiswa melakukan orasi keliling kampus pada penutupan Hari Aspirasi UNP, Jumat (21/10). Beberapa mahasiswa di antaranya melakuan body painting dan teaterikal. (DOKUMENTASI SKK GANTO UNP)

PADANG, HALUAN—Se­ra­tusan mahasiswa Uni­ver­sitas Negeri Padang (UNP) melakukan orasi keliling kampus pada hari terakhir Hari Aspirasi UNP, Jumat (21/10).

Orasi tersebut diwarnai dengan aksi body painting dan teaterikal mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni UNP. Dalam kesempatan itu, mahasiswa mengungkapkan aspirasinya terkait trans­pa­ransi dana UKT dan ku­rang­nya sarana dan prasarana kampus.

Ketua Pelaksana Hari As­pirasi, Roqi Al ‘Azmi, me­ngungkapkan bahwa un­tuk iven perdana kuantitas ma­hasiswa yang terlibat su­dah tergolong bagus. Namun, dia menyayangkan kurang­nya pedulinya mahasiswa ter­hadap permasalahan di kampus.

“Mahasiswa sekarang cenderung apatis. Padahal apa yang kita perjuangkan dalam beberapa hari ini ada­lah untuk kepentingan me­reka juga. Kepentingan kita bersama,” ujarnya  kepada Haluan seusai penutupan kegiatan.

Selama lima hari, Senin-Jumat (17—21/10), Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) UNP bekerja sama dengan Badan Perwakilan Mahasiswa tiap-tiap fakultas mengumpulkan aspirasi ma­hasiswa. Aspirasi tersebut ditampung melalui kotak as­pi­rasi yang disebar di setiap fa­kultas, media sosial MPM dan BPM, serta dituliskan di kain putih yang disediakan MPM.

Selanjutnya, Roqi men­jelaskan bahwa kegiatan ini, selain dilakukan untuk mem­pererat persatuan antaror­ganisasi mahasiswa, juga untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa UNP. Selama ini menurutnya, birokrat UNP terlalu sibuk dengan pe­kerjaannya sehingga apa yang dirasakan mahasiswa tidak diketahui secara menyeluruh.

“Nanti aspirasi yang ter­kumpul, kita kaji bersama di MPM dan kita sampaikan ke birokrat UNP,” ujar anggota Komisi I MPM UNP itu.

Sekitar pukul 17.00 WIB, Hari Aspirasi pun ditutup di belakang Gedung Rektorat UNP. Pada kesempatan ter­sebut tampak hadir Kepala Subbagian (Kasubag) Ke­ma­hasiswaan UNP, Pembina Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) UNP, dan perwakilan alumnus UNP, Elfran Galuh.

Pembina MPM UNP, Al­dri Frinaldi, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa tersebut dan me­minta mahasiswa untuk terus meningkat kreativitas. Aldri juga menyemangati maha­siswa yang hadir, meskipun kepedulian mahasiswa yang lainnya kurang.

“Tak banyak yang mau memikikan negara. Tak ba­ny­ak juga yang mau me­mikirkan nasib orang lain. Meski sedikit orang yang mau memikirkan, tapi yang sedikit inilah yang nantinya akan menjadi tokoh-tokoh negara,” ujarnya.

Kasubag Ke­ma­hasis­wa­an, Samsul Bahri, juga me­nga­presiasi kegiatan tersebut dan mendorong mahasiswa untuk selalu menyampaikan permasalahannya. Hal itu nantinya akan membantu pihak kampus untuk me­ngetahui berbagai per­ma­salahan yang dialami ma­ha­siswa sehingga segera dicari­kan solusinya.

“Kalian jangan ragu. Ap­a­lagi rektor yang sekarang orangnya aspiratif. Silakan sampaikan aspirasi dengan cara yang baik dan insya Allah akan didengar,” ujarnya.

Dalam penutupan itu, juga dilakukan pengembalian kotak aspirasi kepada MPM UNP dari seluruh BPM. Ba­ng­kit Sanjaya, salah seorang perwakilan mahasiswa, juga dipersilakan untuk men­yam­paikan aspirasinya secara langsung kepada pihak kam­pus yang hadir.

“Kami ingin tahu di­pergunakan untuk apa UKT yang kami bayarkan? Se­mentara, sarana dan prasaran kampus tidak memadai. Da­na untuk kegiatan ormawa juga tidak memadai,” tanya dia. (h/mg-sas)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 17:45:32 WIB

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Walikota Padang, Hendri Septa meresmikan Rumah Pintar Peduli Anak Nagari di Perumahan Cimpago Permai, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Minggu (23/2/2020). .
  • Kamis, 14 November 2019 - 18:52:09 WIB

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven "Kota Tua Bacarito"

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven PADANG, HARIANHALUAN.COM -  Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas menyelenggarakan iven "Kota Tua Bacarito" di kawasan Kota Tua Padang, Jalan Batang Arau, tepatnya di Padangsche Spaarbank, Kamis (14/10). .
  • Kamis, 22 Agustus 2019 - 15:04:46 WIB

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol PADANG,HARIANHALUAN.COM-Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berikan materi pada mahasiswa baru (MABA) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), di Ged.
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 10:14:25 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Bung Hatta (UBH) Padang jalin kerjasama bidang autocad dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang untuk peningkatan kompetensi mahasiswa..
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:48:34 WIB
    LOKAKARYA PROGRAM KKN-PPM

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH PADANG, HALUAN--Pengelola Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta mengelenggarkan Workshop Rancangan Program KKN-PPM oleh Dosen Pembimbing Lapangan Tahun 2018. Kegiatan ini ber.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]