KONTAINER TAK DIFUNGSIKAN

Sampah Berserak di Simpang Kandang


Sabtu, 22 Oktober 2016 - 01:03:05 WIB
Sampah Berserak di Simpang Kandang Sampah berserakan di luar kontainer di kawasan Simpang Kandang Pasar Raya Padang Jumat (21/10). Kendatipun telah ada dua bak sampah yang di siapkan di kawasan tersebut, namun banyak masyarakat dan pedagang yang membuang sampah di luar tempat pembuangan. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN — Ke­beradaan kontainer sampah di Simpang Kandang Pasar Raya Padang terlihat hanya percuma saja karena, sampah-sampah pedagang di pasar hanya ditong­gokkan saja di sampingnya yang menyebabkan bau dan pe­man­dangan tak sedap.

Pantauan Haluan, Jumat (21/10) di Simpang Kandang, sampah pedagang pasar ber­tumpuk di luar kontainer. Mulai dari sampah sisa sayur, sampah barang harian yang busuk hing­ga sampah lainnya yang me­nyebabkan bau tak sedap.

Tidak hanya itu, sampah tersebut juga mengganggu peng­guna jalan karena sampah berserakan hingga ke badan jalan. Kontainer seperti hanya pajangan saja, padahal isinya belum penuh.

Salah seorang pengendara sepeda motor Af (45) warga Banuaran mengaku kesal ka­rena jalan dipenuhi sampah pedagang. Ia harus menutup hidungnya dengan tangan ka­rena bau yang tak sedap.

“Percuma saja ada kontainer dan tidak digunakan dengan semestinya. Mending tidak usah ada box sampah di sini dari pada ada tapi tak digunakan dengan sempurna,” ujar Af

Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Padang Endrizal mengatakan, kontainer sampah yang berada di Jalan Sandang Pangan tersebut merupakan kontainer yang disediakan oleh pihak Dinas Pasar. Ada dua kontainer yang disediakan seti­ap hari di tempat tersebut untuk menampung sampah pedagang.

“Kita sediakan dua ko­ntainer sampah di Simpang Kandang yang akan diambil pada waktu yang telah diten­tukan. Kenyataannya memang petugas selalu mengangkut sampah hingga keluar kon­tainer,” terangnya.

Dikatakannya, jika memang kedapatan ada pedagang yang sengaja membuang sampah di luar kontainer akan diberi sangsi karena, sosialisasi pembuangan sampah sudah diberikan kepada seluruh pedagang yang berada di sekitar Simpang Kandang.

“Untuk sosialisasi ke­ter­sediaan kontainer di Simpang Kandang seluruh pedagang sudah tahu. Baik sosialisasi melalui lisan dan tulisan su­dah diketahui oleh pedagang. Se­telah ini akan kembali kita peringatkan dan beri sangsi lebih tegas jika masih me­langgar,” pung­kasnya. (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]