BMKG: Sesar Mentawai Aktif


Sabtu, 22 Oktober 2016 - 01:09:59 WIB

PADANG, HALUAN – Gempa sebesar 4,5 Skala Richter (SR) menggetarkan pesisir selatan Sumatera Barat, Jumat (21/10) pagi. Gempa di kedalaman 10 Km tersebut tak terlalu dirasakan warga. Namun, patut diwaspadai, gempa itu menandakan aktif kembalinya sesar Mentawai.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Padang Panjang mengungkapkan, pusat gempa berada di 1.83 Lintang Selatan dan 100.16 Bujur Timur. Lokasi gempa berada di 81 Km sebelah barat daya pesisir selatan Sumbar.

“Berdasarkan analisis menunjukkan gempa tersebut dipicu penyesaran mendatar, mekanisme sumber ini sesuai dan relevan dengan kondisi sesar Mentawai yang memiliki pergerakan mendatar di kedalaman 10 kilometer,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang Rahmat Triyono saat dikonfirmasi dari Padang, Jumat.

Menurut dia sesar Mentawai merupakan sesar aktif yang berlokasi di laut sekitar kepulauan Mentawai berjarak sekitar 150 kilometer dari pantai barat Sumatera yang memanjang dari pulau-pulau Mentawai dari Selatan hingga ke hingga ke sekitar Utara Nias.

Ia menyebutkan berdasarkan rekam jejak yang ada gempa bumi merusak yang pernah terjadi pada sesar aktif mentawai yang berdekatan pada lokasi yang terjadi saat ini yaitu pada 13 September 2007 dengan kekuatan 7,7 Skala Richter.

Gempa 13 September 2007 ini menim­bulkan kerusakan dan dirasakan di Padang, Painan, Pekanbaru, Sibolga dan Singkil sebesar IV Skala Modified Mercalli Inten­sity (MMI), Duri, Curup, Dumai, Jakarta, Pondok Aren, Singapura, Malaysia sebesar II-III skala MMI, kata dia

Pada Jumat pukul 08.45 WIB gempa berkekuatan 4,5 Skala Richter mengguncang Padang dan sekitarnya yang berpusat di 1.83 Lintang Selatan dan 100.16 Bujur Timur , pada kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan peta tingkat gunca­ngan BMKG menunjukkan dampak gempa berupa gunca­ngan dirasakan di daerah Padang dan Pariaman dalam skala inten­sitas II-III skala MMI.

Beberapa masyarakat dilapor­kan merasakan guncangan di Padang dan Pariaman. Terkait dengan peristiwa gempa tersebut hingga saat ini disusun belum terjadi aktivitas gempa susulan. Namun BMKG mengimbau masya­rakat tetap tenang, dan bagi yang berada di daerah pesisir pantai diimbau agar tidak terpan­cing isu karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. (h/ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 April 2015 - 18:58:45 WIB

    BMKG: Sumbar Alami Kemarau di Bulan Ramadan

    PADANG, HALUAN — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tabing memprediksi, Su­ma­tera Barat (Sumbar) me­masuki musim kemarau pada Juni nanti, yang bertepatan dengan bulan Ramadan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM