PERTEMUAN BEM SE-SUMBAR DI BATUSANGKAR

Mahasiswa Jangan Hanya Pikirkan Politik


Senin, 24 Oktober 2016 - 01:19:39 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Sejumlah anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari seluruh perguruan tinggi se-Sumatera Barat menggelar pe­r­­te­muan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batu­sang­kar, Sabtu (22/10). Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tar­mizi me­ngingatkan mahasiswa jang­an hanya memikirkan ma­salah politik, ekonomi dan pe­me­rintahan saja, tapi juga per­masalahan sosial yang lebih dekat dengan lingkungan se­kitar. Se­perti penyalahgunaan narkotika, pelecehan seksual dan penyakit masyarakat lainnya.

“Pemerintah daerah telah berupaya sungguh-sungguh da­lam mengatasi permasalahan sosial yang cukup komplek ini di Tanah Datar, langkah konkrit dan berkesinambungan telah di­upayakan namun itu semua belum cukup. Melalui adik-adik inilah saya menumpangkan hara­pan untuk ikut berperan serta mengatasinya di mana adik-adik bersosialisasi,” harap bupati.

Seminar dan Raker BEM se-Sumbar ini digelar dengan mengangkat topik  kebangsaan, politik, ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Irdinansyah juga menga­takan, kehadiran mahasiswa ini juga mengingatkannya suasana di tahun 1976 ketika ber­kec­im­pung di organisasi mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan.

“Peran mahasiswa sebagai mitra kritis pemerintah me­mang harus berjalan dengan baik dan terarah sehingga segala aspirasi para pemuda demi kemajuan bangsa dapat tersalurkan dengan cara yang baik, kooperatif dan terarah,” terang Irdinansyah Tarmizi.

Raker ini selain dihadiri kepala daerah dan Rektor IAIN Batusangkar, Kasmuri, juga dihadiri Ketua KNPI Sumatera Barat Defika Yuliandra, se­bagai salah satu pemateri.

Ketua pelaksana, Yana Ros­tin juga menyampaikan, ke­giatan tersebut diikuti 17 BEM se-Sumbar. Di antaranya,  AK­BP STIE KBP, STMIK In­do­nesia, IAIN Bukittinggi, Stikes Alifah Padang, AMIK Dapar­nas, STAI PIQ Sumbar, UPI YPTK, POLTEKES Kemen­kes, STIPER Sijunjung, UNP, Unand, STIFI Yayasan Perintis, STKIP Lubuak Alung, IAIN Imam Bonjol, STKIP Adzkia, STIKES Fort De Kock dan IAIN Batusangkar.

Koordinator Pusat BEM Su­mat­era Barat Edi Kurniawan yang merupakan mahasiswa pe­ter­na­kan Unand juga men­yam­paikan,  dalam rangka Raker BEM se-Sumatera Barat dengan tema  Refleksi Ke­bang­kitan Pergerakan Mahasiswa Suma­tera Barat itu, merupakan lang­k­ah awal dari upaya ber­sama ma­ha­siswa se­bagai mitra kritis pemerintah.

“Forum BEM se-Sumatera Barat ini memang baru ter­bentuk pada Maret 2016 lalu, namun mari kita berhenti untuk men­ce­ri­takan kisah-kisah heroik pemuda masa lalu, sekarang waktunya kita untuk berbuat untuk masa de­pan,” ungkapnya. (h/fma)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]