PGSD UBH Studi Banding ke Batusangkar


Senin, 24 Oktober 2016 - 01:22:42 WIB
PGSD UBH Studi Banding  ke Batusangkar Para mahasiswa UBH Padang didampingi dosen pembimbing mempresentasikan program penyiaran di Radio Luhak Nan Tuo, Sabtu (22/10). (FERI MAULANA)

TANAH DATAR, HALUAN — Sebanyak 115 orang maha­siswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta melakukan studi lapangan ke Tanah Datar, Sabtu (22/10). Selain mengunjungi Tanah Datar mahasiswa semester pertama itu juga mengunjungi Kota Bukit­tinggi. Di Tanah Datar rom­bongan calon guru itu melaku­kan studi lapangannya ke Radio Luhak Nan Tuo dan ke Istano Basa Pagaruyung.

Dosen UBH yang langsung mendampingi para mahasiswa itu, DR Wirnita kepada Haluan, Sabtu (22/10) menyebutkan bahwa kunjungan tersebut me­rupa­kan sebuah aplikasi bagai­mana fungsi seorang guru deng­an lapangan dan bagaimana seorang calon guru bisa keluar dari ruang belajarnya di kampus.

“Kita mengajak mahasiswa ke sini untuk studi komprehensif dunia kampus dengan dunia luar. Di radio ini kita harap ada presentasi tentang bahasa radio, karena penyiar radio tersebut memiliki kesamaan dengan bahasa seorang guru,” ungkap Wirnita yang juga didampingi dosen Darwiyanis.

Mneurutnya, pengayaan ma­teri selalu dilakukan terhadap calon guru SD UBH karena guru tersebut mesti menguasai semua bidang studi yang akan diberikan kepada muridnya. Hal ini ber­beda dengan sekolah lanjutan yang masing-masing guru hanya menguasai satu bidang studi.

“Materi mata kuliah la­pang­an kali ini, kita fokus pada mata kuliah bahasa Indonesia. Nanti para mahasiswa juga akan mem­buatkan laporan perjalanannya selama studi lapangan ini,” sebut Wirnita.

Di Radio Pemda itu, maha­siswa calon guru itu diterima Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Imformatika, Abrar, Kepala UPT Radio, Mus­tafa Akmal dan penyiar Oji dan Amay. Di sana para mahasiswa dipresentasikan melakukan pen­yiaran secara bergantian.

Kepala Radio Luhak Nan Tuo, Mustafa Akmal juga mem­berikan materi berkaitan dengan radio dan sistem penyiaran kepada 115 orang mahasiswa Bung Hatta tersebut. Beberapa pertanyaan juga dilontarkan mahasiswa saat itu sehingga terjadi dialog timbal balik antara mahasiswa dengan jajaran radio plat merah itu. (h/fma)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]