Ranperda Pembentukan SOPD Disahkan


Senin, 24 Oktober 2016 - 01:30:12 WIB

AGAM, HALUAN — Pemeritah Kabupaten Agam dan DPRD setempat, menemui kata sepakat dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Agam tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Agam tahun 2016, dalam Rapat Paripurna di Aula Utama DPRD Agam, Minggu (23/10).

Hal tersebut ditandai de­ngan pengesahan penanda­tanganan nota persetujuan bersama antara DPRD de­ngan Pemkab Agam oleh Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, dan Ketua DPRD Kabupaten Agam, Marga Indra Putra, serta pimpinan dewan. Turut Hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan, Forkompinda, Plt Sekda Martias Wanto, Kepala SKPD.

Pada kesempatan itu, Bupati Agam Indra Catri mengatakan, pecapaiaan ini tidak lepas dari kerjasama pemerintah dan dewan khus­nya  panitia Khusus (pansus) DPRD Agam yang telah mela­kukan kajian dan analisis mendalam bersama tim dari pemerintah.

Hasil ini adalah bukti kuat sinergi antara pemerintah dan dewan dalam menjalankan amanat Undang-undang.

Ia menjelaskan, susunan perangkat daerah yang telah disetujui terdiri dari 18 dinas meliputi 10 dinas tipe A dan 8 dinas tipe B.

Kemudian tiga badan meliputi dua badan tipe A dan satu badan tipe B diluar BPBD dan Badan Kesbang­pol yang diatur secara tersen­diri. Selanjutnya satu Sekre­tariat Daerah tipe A, satu Sekretariat DPRD tipe A dan satu inspektorat tipe B serta 16 kecamatan tipe A.

Dikatakannya, untuk se­lanjutnya akan dilakukan proses pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II) yang dilakukan oleh panitia seleksi yang terdiri dari unsur peme­rintah dan di luar pemerin­tah seba­gai­mana yang diamanatkan oleh Undang-undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Ne­gara (ASN).

“Setelah terbentuknya organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru, akan dilanjutkan dengan seleksi untuk pengisian jabatan.

Bagi aparatur yang ber­minat dapat ambil bagian dalam seleksi ini dan silahkan persiapkan dari. Kita juga berharap pengisian OPD ini dapat berjalan lan­car dan sempurna,” jelasnya.

Ketua DPRD Agam Mar­ga Indra Putra mengatakan, Ranperda yang baru disahkan bersama, adalah dasar penyusunan anggaran dan agenda daerah tahun 2017.

DPRD memiliki komit­men yang kuat untuk segera menuntaskan landasan-lan­dasan yang jadi pedoman bagi pemerintah daerah da­lam pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk kese­jah­teraan masyarakat. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]