Yusuf Lubis Ajak ASN Basmi Pungli


Senin, 24 Oktober 2016 - 01:31:32 WIB
Yusuf Lubis Ajak ASN Basmi Pungli Bupati Pasaman Yusuf Lubis saat Sidak pembangunan gedung Disdukcapil. (YUDHI LUBIS)

PASAMAN, HALUAN — Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengingatkan agar para PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemkab setempat, untuk tidak melakukan pungutan liar (Pungli) dalam memberikan pelayan publik.

Sebab, kata dia, Presiden RI Joko Widodo, tengah gencar melakukan gerakan Sapu Bersih (Saber) Pungli dalam segala bidang pelayanan. Tujuannya, kata dia, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. “Jangan main-main dengan pungli jika tidak ingin berhadapan dengan aparat pe­ne­gak hukum. Untuk itu, saya minta ASN menghindari pungli dalam bentuk apapun,” kata Yusuf Lubis, Minggu kemarin.

Apalagi, kata dia, Presiden Jokowi sudah memperingatkan secara langsung agar seluruh ASN di negara ini meng­henti­kan segala bentuk pungutan liar, terutama yang berkaitan pela­yanan kepada masyarakat. “Ja­di, tidak ada ruang lagi untuk mela­kukan pungli. Se­gala ben­tuk perizinan tidak boleh diper­sulit. Pungli sekecil apapun sama dengan korupsi namanya,” katanya.

Ia meminta, segala bentuk perizinan harus sesuai prosedur. Tidak boleh lagi ada pungli untuk memuluskan pengurusan sesuatu hal pun. Demikian pula dengan pengurusan KTP, KK dan dokumen kependudukan lainnya, yang juga sudah digra­tiskan. “Ini yang harus diwanti-wanti agar masyarakat tidak kecolongan, bahwa kepe­ngu­rusan dokumen kependudukan, seperti KTP, KK dan akta lainnya di Pasaman sudah digra­tiskan,” tukasnya.

Ia juga mengingatkan hal itu kepada segenap pelayan ma­syarakat ditingkat kecamatan dan nagari, untuk tidak me­lakukan pungli kepada masya­rakat. Ia mengatakan, tidak segan menindak tegas oknum pelaku pungli. “Hati-hati de­ngan pungli ini, pemerintah pusat telah wanti-wanti, tidak peduli besar kecilnya. Huku­mannya sangat berat,” katanya.

Ia berharap, para ASN dan pe­gawai honorer di pemkab se­tempat dapat menjalankan tugas sebaik mungkin, ber­integritas dan disiplin. “Jalankan tugas sebagai pelayan publik yang berintegritas. Hindari pungli sekecil apa pun itu,” ujarnya.

Selain itu, Bupati juga me­minta agar masyarakat taat aturan. Masyarakat diminta mengikuti seluruh prosedur yang sudah ada terkait hal yang diurus. “Jika sudah begitu tidak akan ada lagi celah bagi oknum manapun untuk melakukan pungli,” katanya. (h/mg-yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 November 2019 - 14:47:01 WIB

    Inilah Potensi Unggulan Pasaman yang Ditawarkan Yusuf Lubis Pada Investor

    Inilah Potensi Unggulan Pasaman yang Ditawarkan Yusuf Lubis  Pada Investor PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Bupati Pasaman, Yusuf Lubis tawarkan tiga potensi unggulan daerah itu kepada para calon investor. Kali ini, potensi tersebut ditawarkan kepada para pengusaha Sumatera Utara di Kota Medan. .
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:43:35 WIB

    Besok Pagi, Ustad Yusuf Mansur Jadi Khatib Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

    Besok Pagi, Ustad Yusuf Mansur Jadi Khatib Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Umat muslim tanah air merayakan Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 H, besok Minggu (11/8). Masjid Istiqlal Jakarta mendatangkan Ustaz Yusuf Mansur sebagai pada salat Id besok..
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 16:16:26 WIB

    Yusuf Lubis Ingin Madrasah Kian Berdaya Saing Tinggi

    Yusuf Lubis Ingin Madrasah Kian Berdaya Saing Tinggi PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Pasaman, di kampus MAN 1 Lubuksikaping, Sabtu (20/7). Ratusan peserta dari berbagai tingkatan madrasah ikut sert.
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 21:04:08 WIB

    SISSCA 2019 Sawahlunto akan Dihadiri Mufidah Yusuf Kalla

    SISSCA 2019 Sawahlunto akan  Dihadiri  Mufidah Yusuf Kalla SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM– Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, memastikan Istri Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla, yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bakal hadir dalam ajang Sawahlunto International Son.
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 17:42:17 WIB

    Mufidah Yusuf Kalla Bakal Hadiri SISSCA 2019

    Mufidah Yusuf Kalla Bakal Hadiri SISSCA 2019 SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Istri Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bakal hadir dalam ajang Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCA), awal Septe.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM