PUBLIK DHARMASRAYA BUNCAH

Pelantikan Pejabat Tertutup Dibatalkan


Senin, 24 Oktober 2016 - 01:34:07 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Fokus pem­bicaraan yang menjadi buah bibir warga hingga Minggu kemarin itu, berawal dari pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya, yang dikabarkan akan berlangsung Jumat malam, (21/10), di Aula Kantor Bupati.

Namun pelan­tikan secara tertutup dan melawan  reformasi keterbukaan itu, men­dadak dibatalkan.  Para pejabat yang akan dilantik tentu saja tampak kecewa dan melangkah gontai me­ning­galkan rua­ngan. Salah se­orang pejabat di lingkup Pemkab Dharmasraya, yang enggan ditulis namanya ke­pada Haluan, malam itu memaparkan bahwa akan dilaksanakan pe­lantikan bagi pejabat eselon III dan IV malam itu. Namun pe­nye­bab terjadinya pembatalan, di­rinya sama sekali tidak me­ngetahui. “Memang malam ini ada rencana pelantikan eselon III dan IV. Akan tetapi batal di­laksanakan. Pe­nye­babnya saya tidak tahu,” ungkap pejabat itu sembari tersenyum.

Pantauan Haluan malam itu, memang suasana di kan­tor bupati berbeda dari hari biasanya, terlihat ratusan pejabat tampak berpakaian rapi dengan me­ngenakan jas dan berdasi, baik mereka yang berada di aula, maupun di lobi dan area per­kantoran bupati.

Bahkan pada siang itu, sua­sana di sejumlah per­kan­toran pemerintahan tiba-tiba men­jadi sedikit buncah di­si­nyalir akan adanya pe­lan­tikan. Bah­kan ada yang telah men­dapat instruksi untuk bersiap siap dilantik, sesuai dengan undangan meng­hadiri dan undangan dilantik.

Sontak isu pelantikan itu membuat para pejabat dan staf di kantor yang tengah mem­per­siapkan penyusunan ren­cana kerja anggaran (RKA) tahun 2017, menjadi kehi­langan kon­sentrasi. “Saya hanya bisa be­rusaha mene­nangkan mereka, terkait akan dilakukan pe­rom­bakan ter­hadap eslon III dan IV malam nanti,” kata salah se­orang Kepala Dinas, siang itu.

Bahkan yang lebih “bun­cah” lagi di sejumlan instansi di Sekretariat Daerah setem­pat. Para Kasubag dan Kabag terlihat kocar-kacir berkemas. Bahkan tampak dari wajah mereka tidak konsentrasi dalam bekerja.

Seperti yang terjadi di Bagian Humas dan Protokol. Mereka terpaksa menghentikan kegiatan penyusunan RKA 2017 lantaran mendapat perin­tah untuk me­nyusun acara pelantikan pejabat eselon III dan IV di aula hari itu.

Beberapa orang yang di­sebut sebut akan di “BKD” kan malah sudah mengemasi ba­rang-barang milik pribadi yang diletakkan di ruang ker­janya. Terkait ba­wa­hannya yang tampak terlihat gelisah dan ingin berkemas. Kabag Humas dan Protokol Budi Waluyo yang isunya sedang santer di “lenyapkan” kur­sinya itu ber­upaya mene­nangkan mereka. “Sebagai pimpinam mereka, saya harus me­ne­nangkannya agar mere­ka tidak me­ning­galkan pe­ker­jaan­nya yang terus menye­lesaikan pem­bahasan RKA 2017,” ujar Budi.

Bahkan, kata Budi, me­reka yang merasa terancam itu, sem­pat mengatakan pa­danya tidak akan melanjutkan penyusunan RKA tersebut. “Biar pejabat baru saja yang menyusun Pak Kabag. Ma­nga pulo awak nan susah-susah mangarajoannyo, beko malam kan awak awak ko ka dituka,” kata mereka dengan wajah tak semangat.

Budi juga mengakui, me­mang hingga pukul delapan malam, di aula kantor bupati terlihat ada kegiatan per­siapan pelantikan. Sejumlah figur ter­lihat datang dengan berpakai rapi dan tanpak wajah-wajah bahagia menanti acara pe­lan­tikan. “Saya me­nerima infor­masi bahwa ti­dak ada pelantikan pejabat malam itu,” tutup Budi yang juga sekaligus juru bicara kepala daerah itu.

Agaknya informasi mu­tasi, rotasi dan promosi di tubuh pemerintahan Kabu­paten Dhar­masraya itu ter­kesan tertutup dan bahkan di­lak­sanakan secara mendadak. Padahal dizaman sekarang ini, sesuatu yang akan dila­ku­kan oleh pemerintah dae­rah dalam menjalan roda pe­merintahan harus terlaksana dengan terbuka agar diketahui oleh khalayak banyak atau clean governance dan good gover­nance. (h/mdi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]