TERLANTAR SEJAK DESEMBER 2015

Lima Bus Trans Padang Dioperasikan November


Senin, 24 Oktober 2016 - 01:41:42 WIB

PADANG, HALUAN — Sete­lah terlantar sejak Desember 2015, akhirnya 5 dari 10 bus Trans Padang akan diope­rasi­kan terhitung tanggal 1 No­vember 2016 mendatang.

Seluruh operasional, ditang­gung oleh Kementerian Perhu­bungan. Sedangkan yang men­jadi operatornya adalah Damri dan Pemko Padang melalui Dinas Perhubungan, Komu­nikasi dan Informasi hanya melakukan pengawasan.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kota Padang, Dedi Henidal menga­takan 5 dari 10 bus Trans Padang sudah bisa dioperasikan dengan trayek Pasar Raya – Lubuk Buaya.

“Yang jelas, bus tersebut dijalankan dulu. Daripada ber­diri saja, nanti bisa rusak. Untuk awalnya, 5 bus ini akan mem­bantu layanan transportasi Pasar Raya – Lubuk Buaya dulu. Sampai ada trayek baru yang kami buka nanti,” Kata Dedi Henidal kepada Haluan, Sabtu (22/10) via seluler.

Saat dihubungi, Dedi yang mengaku sedang berada di Jakarta mengatakan kebera­daannya di Jakarta tidak lain untuk mengurus bus Trans Padang ini ke Kementerian Perhubungan agar bisa berjalan dan membantu pelayanan trans­portasi di Kota Padang.

Hasil kunjungan ke Jakarta ini, ke-5 bus Trans Padang menjadi tanggung jawab Damri. Sedangkan Pemko hanya seba­gai pengawas.

“Pemko Padang hanya men­da­patkan bantuan layanan trans­portasi saja dari 5 bus Trans Padang ini. Sedangkan income dari karcis masuk ke kas negara. Bukan ke PAD Kota Padang,” kata Dedi.

Sebelumnya, 10 bus Trans Padang yang dikirim untuk menambah armada Trans Pa­dang ini tidak bisa dioperasikan karena ketiadaan biaya.

Saling tuding dan adu sta­tement pun terjadi antara Pem­ko Padang dengan salah satu BUMN yang bergerak di bidang transportasi ini.

‘di satu sisi, Damri meminta agar Pemko Padang mengang­garkan dana operasional bus Trans Padang sebesar Rp1 miliar per tahun.

Permintaan ini ditolak Pem­ko dengan alasan, bus tersebut diserahkan Kemenhub kepada Damri, jadi biaya dan yang lainnya tanggung jawab DAM­RI, bukan Pemko Padang..

Sampai pada akhirnya bulan September 2016 kemarin, Wal­ikota Padang meminta Damri untuk menyerahkan saja bus Trans Padang ke Pemko Padang jika tidak bisa mengo­perasi­kannya. (h/mg-ang)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]