Irigasi Air Dingin Jebol, 800 Hektare Lahan Kesulitan Air


Senin, 24 Oktober 2016 - 01:42:09 WIB

PADANG, HALUAN — Saluran irigasi primer Batang Aia Dingin yang berada di Kelurahan Balai Gadang Kota Padang jebol. Akibatnya, sekitar 800 hektare lahan pertanian kesulitan mendapatkan air.

Ketua Kelompok Tani Bi­nuang Sakti Balaigadang, Ar­men menyebutkan kondisi je­bolnya irigasi sudah terjadi cukup lama.

Untuk mengatasinya, se­mentara ini masyarakat kelom­pok tani yang bergantung de­ngan aliran irigasi Aia Dingin melakukan gotong royong ber­sa­ma.

“Sebenarnya sudah dila­kukan perbaikan tanggap da­rurat oleh pemerintah dalam bentuk pemasangan kawat be­ronjong. Namun hasilnya belum bisa maksimal. Air tetap me­ngalir sedikit,” ucap Armen, di sela-sela gotong royong per­baikan irigasi, Minggu (23/10) di Padang.

Dalam hal ini, lanjut Armen, sekitar 700 KK petani yang ada di wilayah Balai Gadang ber­gantung pada irigasi itu dalam mengairi sawah mereka.

“Akibat kerusakan sudah satu kali penanaman padi petani di sana tak bisa ke sawah. Padahal luas sawah yang tergan­tung dari irigasi ini mencapai 800 hektare,” ujar Armen.

Tak hanya itu, lanjut dia nyaris terjadi perebutan air antara petani dan masyarakat pengelola keramba atau kolam ikan akibat ketiadaan air.

“Kita berharap pada peme­rintah perbaikan bisa dilakukan secara permanen,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sumbar, Taufik Hidayat yang hari ikut membantu ma­syarakat melakukan gotong royong mengatakan, perbaikan secara permenen memang mesti dilakukan. Pasalnya kerusakan irigasi telah berdampak pada mata pencaharian ribuan ma­syarakat yang ada di Balai Gadang.

Taufik juga mengatakan sudah menerima laporan dari masyarakat petani terkait keru­sakan irigasi dari beberapa waktu lalu.

Menindaklanjutinya ia telah meminta pada Dinas PSDA Sumbar agar persoalan yang ada bisa dibantu. Taufik menda­patkan jawaban akan dikerjakan pada tahun 2017 ini.

“Akan kita kawal pengang­garan di DPRD. Kasihan petani tak bisa bekerja karena kerusa­kan irigasi ini. Ini berpengaruh ke ekonomi petani, mereka jadi kesulitan,” kata anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Ha­nura tersebut. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 November 2018 - 13:21:13 WIB

    1.200 HA Sawah Kekeringan, Irigasi Koto Tuo Butuh Perbaikan Mendesak

    1.200 HA Sawah Kekeringan, Irigasi Koto Tuo Butuh Perbaikan Mendesak PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sekitar 1.200 hektare sawah di Kota Padang masih terdampak kekeringan. Hal ini disebabkan belum diperbaikinya Irigasi Koto Tuo yang rusak akibat banjir bandang tahun 2016 lalu..
  • Senin, 17 April 2017 - 09:39:11 WIB

    Warga Pilakuik Minta Perbaikan Irigasi

    PADANG, HALUAN -- Masyarakat Pilakuik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, keluhkan saluran irigasi Tabek Banda Kapunduang yang jebol. Masyarakat setempat meminta irigasi tersebut diperbaiki. Selain beresiko pada bangunanan mus.
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:57:06 WIB

    Warga Diimbau Jauhi Irigasi Koto Pulai

    PADANG, HALUAN — Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah Dt Marajo meng­imbau kepada seluruh masya­rakat agar tidak beraktifitas di Check Dam Koto Pulai, Keca­matan Koto Tangah. Selain memba­haya­kan bagi warga, bendun.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:25:45 WIB

    Dana Perbaikan Darurat Irigasi Koto Tuo Rp450 Juta

    PADANG, HALUAN—Daerah Irigasi Koto Tuo di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang yang jebol akibat banjir 1 Agustus lalu, segera diatasi dengan penanganan darurat..
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 15:37:08 WIB

    Irigasi Jebol, Petani Ikan Balai Gadang Alami Kerugian Rp1 Miliar

    Irigasi Jebol, Petani Ikan Balai Gadang Alami Kerugian Rp1 Miliar PADANG, HALUAN--Akibat kekeringan, petani ikan di Balai Gadang, mengalami kerugian mencapai Rp1 miliar lebih. Hingga Jumat (5/8), para petani itu masih mengeluhkan belum adanya penanggulangan irigasi dari pemerintah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM