Pemprov Sumbar Digugat Warga Padang

Padang Industrial Park Milik Siapa?


Senin, 24 Oktober 2016 - 18:11:50 WIB
Padang Industrial Park Milik Siapa? Logo PIP

PADANG, HALUAN – Teka-teki status kepemilikan lahan Padang Industrial Park (PIP) di kawasan Bypass Kasang, Padangpariaman, Sumatera Barat masih simpangsiur. Belum ada bukti sahih, apakah lahan seluas 108 hektare masih dimiliki Pemprov Sumbar, atau sudah beralih kepemilikan ke pihak swasta.

 

Ketidakjelasan itulah yang menjadi dasar Isa Kurniawan, seorang warga Kota Padang melayangkan gugatan ke Pemprov Sumbar. Isa meminta Pemprov Sumbar memaparkan dokumen kepemilikan lahan lewat jalur penyelesaian sengketa informasi publik di Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat. "Saya ingin tahu apa PIP itu masih aset Pemprov atau tidak. Kalau masih, mana dokumennya? Pihak Pemprov tidak memberikan rincian. Waktu saya minta, yang dikasih hanya daftar aset tanpa ada dokumen PIP didalamnya," ujar Isa saat mengajukan permohonan sengketa informasi publik beberapa waktu lalu.

 

Bahkan PPID Utama Pemprov Sumbar beralasan dalam relas jawaban keberatan atas informasi tentang dokumen PIP tidak dikuasainya. "Harusnya kalau tidak dikuasai dicari dong kan ini dokumen asset penting atau kalau nggak diketemukan bikin berita acara kehilangan dan lapor kehilangan ke Polisi," sebut Isa lagi.

 

Dalam gugatannya, Isa hanya bermohon agar dokumen lahan di PIP dibuka ke publik. Sidangnyanya sudah digelar, tapu masih tahap pemeriksaan awal. Sidang pertama 17 Oktober.

 

Rencananya, Senin siang digelar sidang kedua, namun diskors karena Isa sebagai pemohon tidak bisa hadir. “Sidang kedua diskors. Pekan depan akan dijadwalkan ulang," ujar Ketua Majelis Komisioner Komisi Informasi Sumbar Yurnaldi.

 

Pada persidangan awal ajudikasi, pihak Pemprov


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM