Jalan Talago Gunung Diperlebar


Selasa, 25 Oktober 2016 - 01:20:17 WIB
Jalan Talago Gunung Diperlebar Pelebaran dan pengaspalan ruas Jalan talago Gunung. (FADIL)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Harapan perantau dan ma­syarakat Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin ‘Kota Arang’ untuk memiliki akses ruas jalan yang representatif, baik keluar maupun masuk desa, bakal segera terwujud.

Dengan memanfaatkan Da­na Alokasi Khusus (DAK), Pemerintah Sawahlunto mem­perlebar ruas jalan yang meng­hubungkan Desa Santur menuju Desa Talago Gunung. Jika awal­nya hanya memiliki lebar 3 meter, ke depan ruas itu me­miliki lebar 5,5 meter.

“Kalau kendaraan roda em­pat yang akan berpapasan de­ngan ruas selebar 5,5 meter, dipastikan sudah tidak susah lagi,” ujar Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, Senin (24/10).

Menurut Ali Yusuf, pele­baran dan pengaspalan ruas jalan Santur menuju Talago Gunung dilakukan sepanjang 1,6 kilometer. Ruas jalan itu dari Simpang Talago Gunung me­nuju Kantor Desa Talago Gu­nung.

Bagi Ali Yusuf, pelebaran dan pengaspalan itu sebagai wujud untuk merealisasikan aspirasi perantau dan masya­rakat Talago Gunung yang sangat menginginkan akses jalan yang representatif.

Sebelumnya, dalam bebe­rapa kali pertemuan Pemerintah Kota Sawahlunto dengan pe­rantau Talago Gunung, menge­muka aspirasi harapan pele­baran ruas jalan menuju Desa Talago Gunung.

Perantau Talago Gunung Jakarta, H. Efendi sangat meng­harapkan pelebaran ruas jalan menuju Talago Gunung, guna meningkatkan perputaran pere­konomian masyarakat Talago Gunung sendiri.

“Akses jalan sangat mem­pengaruhi perputaran ekonomi. Untuk itu, kami berharap akses jalan menuju Talago Gunung terus diperlebar dan diperbaiki,” harapnya.

Kasi Jalan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Dedi T Amiwijaya didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Abadi Palusia menga­takan, ruas sepanjang 1,6 kilo­meter itu akan memiliki lebar antara 5 hingga 5,5 meter.

Menurut Abadi Palusia, di luar ruas yang ada, juga diren­canakan melanjutkan pengas­palan, dengan menggunakan kelebihan anggaran yang di­miliki.

“Untuk ruas 1,6 kilometer diperkirakan akan mem­butuh­kan anggaran Rp800 juta. Ber­ke­mungkinan dengan anggaran sisa akan dilanjutkan pengas­palan,” tambahnya. (h/dil)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM