Lima Desa di Sawahlunto Pilot Project Pembangunan Partisipatif


Selasa, 25 Oktober 2016 - 01:20:53 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Pemerintah Kota Sawahlunto membentuk tim pengawas yang bertugas untuk melaksanakan bimbingan terhadap penyelenggaraan pemerintahan seluruh desa yang ada.

Bimbingan tersebut meli­puti seluruh faktor terkait pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pem­berdayaan pemerintahan ter­depan serta pengawasan peng­gunaan dana desa agar berjalan secara benar men­capai target sasaran seperti yang diamanatkan UU 6 tahun 2014 tentang desa.

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf menyebutkan, tim tersebut melibatkan seluruh Aparatur  Sipil Negara (ASN) yang terkait langsung dengan unsur pemerintahan desa. Tim dikukuhkan melalui Keputusan Walikota Sawah­lunto nomor 188.45/15/WA­KO-SWL/2016. “Tahun 2016 ini, Sawahlunto terpilih sebagai lokasi pilot projek pembangunan partisipatif untuk wilayah Sumatera yang ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri RI,” katanya.

Bapak tiga anak itu me­nambahkan, ada lima desa yang terpilih sebagai lokasi pilot project tersebut yakni, Desa Silungkang Oso, Desa Muaro Kalaban, Desa Lunto Timur, Desa Balai Batu San­daran dan Desa Kolok Mu­dik.

Baru-baru ini, lanjutnya, juga telah dilakukan penilaian oleh Komisi Informasi Pro­vinsi Sumatera Barat tentang Keterbukaan Informasi Pub­lik di Desa atau Nagari untuk tingkat Sumatera Barat.

Tiga desa utusan dari Kota Sawahlunto berhasil masuk nominasi sepuluh besar yakni Desa Lunto Ti­mur pada peringkat empat, Desa Batu Tanjung pada peringkat delapan dan Desa Muaro Kalaban pada pe­ringkat sembilan.

Semua prestasi tersebut tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh Pe­merintah Kota Sawahlunto terhadap 27 desa yang ada di kota tersebut melalui kedua tim ini. “Kita berharap, segala pencapaian positif itu bisa lebih ditingkatkan agar tujuan dari penguatan sistem peme­rintahan desa oleh peme­rintah pusat, bisa berjalan dengan baik serta memenuhi kaidah-kaidah bagi para pe­ngendali-pengendali kegia­tan,” harapnya.

Menurutnya, jika hal itu bisa dilakukan bersama per­cepatan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa bisa segera diwujudkan agar mampu tumbuh sebagai kekuatan ekonomi secara merata di pedesaan. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]