KEJUARAAN CATUR UNAND

Tiga Pecatur Asal Sijunjung Torehkan Prestasi


Selasa, 25 Oktober 2016 - 01:28:45 WIB
Tiga Pecatur Asal Sijunjung Torehkan Prestasi Tiga pecatur asal Kabupaten Sijunjung menorehkan prestasi membanggakan dalam turnamen catur antarmahasiswa se-Indonesia yang digelar Unand Padang. (AZNELDI)

SIJUNJUNG, HALUAN — Prestasi luar biasa kembali diperlihatkan atlet catur asal Kabupaten Sijunjung.Tiga pe­catur asal Ranah Lansek Manih, yakni Yasinta Tansil, Irma Yunita dan Ermin Said Lubis berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam turna­men catur nasional antar­ma­ha­siswa se-Indonesia yang digelar Universitas Andalas (Unand) Padang, pada tanggal 20-22 Oktober 2016.

 “Alhamdulillah, nama Ka­bupaten Sijunjung kembali berkibar dalam turnamen catur nasional di Unand,” kata  salah seorang tim juri turnamen catur antarmahasiswa se-Indonesia, Mulyani PNP kepada Haluan di Mua­ro Sijunjung, Senin (24/10).

Yasinta Tansil misalnya, pecatur senior yang turun atas nama Akademi Teknik Industri (ATI) Padang berhasil menyabet medali perak atau juara II, catur senior kelompok puteri.Atas prestasi itu, Yasinta Tasil me­ngan­tongi piala, piagam peng­hargaan dan uang pembinaan sebesar Rp1,8 juta.

Dalam kejuaraan catur an­tar­mahasiswa se-Indonesia itu, peraih peringkat tiga ke­juaraan Internasional Malaysia Chess Festival  (Festival Catur Ma­lay­sia) 2016, berhasil me­ngum­pulkan poin 6,5 atau enam kali menang dan satu kali remis dari tujuh pertandingan yang dijalani.    

“Hasil remis diperoleh saat menghadapi, Estheria Liana pecatur dari Universitas Guna­dharma Jakarta. Estheria peraih medali emas atau juara I tur­namen antar mahasiswa se-Indonesia juga mengantongi poin 6,5 atau enam kali menang dan satu kali remis dari tujuh kali bermain. Karena me­nga­n­tongi nilai yang sama, peme­nangnya ditentukan berd­a­sarkan penghitungan solkoff, dan pemenagnya adalah Es­theria ,” jelasnya.

Meski berada pada posisi dua, sambung Mulyadi, prestasi yang dipersembahkan m­a­ha­siswi Politeknik ATI Padang ini tidak mengecewakan. Karena hasil remis dengan Estheria Liana, persaingannya cukup ketat dan sengit. Bahkan, ka­tanya, sebelum bermain remis, Yasinta Tansil  tampil lebih mendominasi pada pertan­di­ngan tersebut.

Selain Yasinta, Irma Yunita juga menorehkan prestasi yang menggembirakan. Mahasiswi Unand Padang ini berhasil meraih harapan I catur senior kelompok putri dari 21 peserta utusan 10 perguruan tinggi se-Indonesia. Atas prestasi itu, ia mengantongi uang pembinaan sebesar Rp900 ribu dan piagam penghargaan.

Atlet catur Percasi Sijun­jung ini, mengumpulkan poin 4,5 atau empat kali menang dan satu kali remis dari tujuh per­tandingan yang diikuti.”Irma kalah saat berhadapan dengan Prima Sukma dari Universita Negeri Padang dan Estheria Liana dari Universitas Gu­nadarma Jakarta,” jelasnya.

Sementara itu Ermin Said Lubis keluar sebagai harapan II catur senior kategori putra dari 42 peserta utusan 12 perguruan tinggi se-Indonesia. Mahasiswa Unand Padang ini mengoleksi poin 6 atau enam kali menang dan tiga kali kalah dari sem­bilan kali bertanding, dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp800 ribu plus piagam penghargaan.(h/azn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]