HARI INI PENETAPAN NOMOR URUT

Pilkada Payakumbuh Diikuti Tiga Paslon


Selasa, 25 Oktober 2016 - 01:49:00 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Proses menuju Pilkada Payakumbuh sudah memasuki penetapan pasangan calon. Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh telah menetapkan tiga pasangan calon peserta Pilkada Payakumbuh 2017 mendatang. Hari ini, Selasa (25/10), akan dilakukan penetapan nomor urut.

 Ketiga pasangan calon ter­sebut, yakni pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi, pasangan Su­wandel Muchtar Fitrial Bachri dan pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz. Ketiga pasangan calon itu, ditetapkan KPU Paya­kum­buh saat pleno terbuka yang digelar Senin (24/10) pukul 11.00 Wib.

“Setelah dilakukan pe­ne­litian setiap berkas pencalonan, ketiga pasangan bakal calon melengkapi seluruh persyaratan. Dengan itu, ketiganya dite­tapkan sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh,”ujar Hetta Mam­bayu Ketua KPU Payakumbuh saat pleno penetapan pasangan calon yang digelar di halaman KPU Payakumbuh.

Dalam penetapan pasangan calon itu, juga dihadiri Ketua KPU Sumbar Amnasmen, Pan­waslih, pengurus partai politik, Muspida, serta tokoh ma­sya­rakat.

“Penelitian terhadap berkas ketiga pasangan calon dilakukan dari 24 September hingga 23 Oktober dengan mendatangi instansi, lembaga pemerintahan berwenang untuk mencek ke­absahan dokumen dan berkas pribadi dari masing-masing pasangan calon. KPU juga berkonsultasi dengan berbagai lembaga terhadap berkas dari pasangan. Setelah itu ditetapkan ketiga pasangan calon lolos dan memenuhi syarat,”ucapnya lagi.

Ketiga pasangan calon itu, masing-masing pasangan Wen­dra Yunaldi-Ennaidi merupakan pasangan yang maju perorangan dengan 9.044 dukungan. Ke­mudian pasangan Suwandel Much­tar-Fitrial Bachri diusung oleh 5 partai politik dengan total 12 kursi dukungan dari 25 kursi di DPRD, yakni Golkar, Demo­krat, PAN, Hanura dan PDIP.

Terakhir pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz yang di­usung 3 partai politik dengan total 8 kursi di DPRD masing-masingnya PKS, Geridra dan PBB. “KPU mengurutkan nama sesuai dengan siapa yang men­daftar duluan ke KPU. Karena itu, Wendra-Yunaldi pasangan yang pertama kemudian disusul Suwandel-Fitrial dan Riza Fa­lepi-Erwin Yunaz,” ucap Hetta lagi.

Setelah penetapan pasangan calon, hari ini Selasa (25/10) KPU juga sudah menjadwalkan untuk pengundian nomor urut bagi ketiga pasangan calon.

Pengambilan nomor urut tersebut, dilakukan di GOR M Yamin Kota Payakumbuh se­kitar pukul 19.30 WIB. “Selasa merupakan pengundian dan pengambilan nomor urut ter­hadap pasangan calon. Dan pada 28 Oktober mendatang, kampanye dimulai,” jelasnya lagi. (h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 08:55:16 WIB

    Pilkada 2020 Ditunda, Anggaran Digunakan untuk Corona

    Pilkada 2020 Ditunda, Anggaran Digunakan untuk Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan DPR RI menyepakati Pilkada Serentak 2020 ditunda. Mereka juga sepakat mengalihkan anggaran pilkada untuk penanganan pandemi virus corona (Covid-19)..
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 07:57:19 WIB

    Pilkada Disarankan Ditunda Hingga Pertengahan 2021

    Pilkada Disarankan Ditunda Hingga Pertengahan 2021 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perkumpulan untuk pemilu dan demokrasi (Perludem) menyarankan agar penyelenggaraan hari pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 sebaiknya ditunda setidaknya pada pertengahan 2021. Menurut d.
  • Senin, 09 Maret 2020 - 13:41:01 WIB

    Fix..! Golkar Putuskan Usung Anak dan Menantu Jokowi di Pilkada 2020

    Fix..! Golkar Putuskan Usung Anak dan Menantu Jokowi di Pilkada 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar memutuskan untuk mengusung Gibran Rakabuming Raka dan Bobby  Nasution di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Gibran adalah putra sulung Presiden Joko W.
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 15:23:52 WIB

    Bawaslu: Politik Identitas Ancam Integritas Pilkada

    Bawaslu: Politik Identitas Ancam Integritas Pilkada PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Koordinator Divisi Sengketa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat, Alni SH MKn mengatakan, praktik politik identitas berpotensi ancam integritas Pilkada Serentak 2020..
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 09:16:44 WIB

    Jumlah Pemilih Disabilitas di Pilkada Serentak 2020 Mencengangkan

    Jumlah Pemilih Disabilitas di Pilkada Serentak 2020 Mencengangkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Para pemilih disabilitas akan ikut ambil bagian dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Viryan Azis mengatakan, tercatat ada sekitar 137.247.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM