Payakumbuh Segera Miliki Rumah Tenun


Selasa, 25 Oktober 2016 - 01:57:09 WIB
Payakumbuh Segera Miliki Rumah Tenun Rumah tenun yang dibangun Pemko di Tangah Padang, Kelurahan Balaipanjang, Payakumbuh Selatan tengah dipacu penyelesainnya. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Kampung pengrajin tenun di Kelurahan Balai Panjang, Kecamatan Payakumbuh Selatan segera dilengkapi dengan rumah tenun.

Pemko Payakumbuh me­lalui Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan tengah membangun rumah produksi dan Galeri Tenun di kawasan Tangah Padang, Balai Pan­jang. Direncanakan, Desem­ber mendatang, rumah atau galeri tenun itu akan dires­mikan Walikota Payakum­buh.

Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, didampingi Kepala Dinas Koperasi UM­KM Industri Perdagangan, Dahler, di Balaikota, Senin (24/10) sebelum acara pe­ngukuhan balon kepala dae­rah menjadi calon di KPU setempat, menginformasikan, rumah tenun itu dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perin­dustrian RI tahun 2016 se­besar Rp830 juta.  

Dikatakannya, kehadiran rumah tenun berlantai dua dengan type bagonjong  di Tangah Padang Kelurahan Balai Panjang itu, bagian dari komitmen Pemko dalam mem­bina industri kerajinanan fashion di kota ini. Walikota Riza Falepi, menginginkan, hasil tenun dan bordiran Payakumbuh makin terkenal diseluruh Tanah Air. “Di galeri ini, nantinya, para pelaku bordir dan tenun, akan memproduksi hasil kerajinan mereka, yang dapat dilihat langsung oleh konsumen yang datang berbelanja,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Ke­lompok Pengrajin Tenun Balai Panjang, Efendi, yang ditemui sebelumnya me­ngaku gembira dengan pem­bangunan rumah tenun ini. Menurutnya, rumah tenun adalah satu langkah maju bagi pengrajin tenun kota ini, setelah beberapa tahun ke belakang promosi gencar dilakukan Pemko dan Dek­ranasda Kota Payakumbuh.

Promosi yang dilakukan Pemko melalui Dinas Kope­rindag dan  Dekranasda, dikatakan Efendi,  sangat berarti bagi kelahiran tenun Balai Panjang. Apalagi, pro­mosi dilakukan di ajang nasi­onal seperti Jakarta Fashion Week (JFW) dan pemilihan Puteri Indonesia. Nama tenun Balai Panjang adalah identitas pribadi yang sudah diimpikan Efendi dan kawan-kawan sejak lama. Sebelum dikenal, hasil tenunan Balai Panjang dipasarkan sebagai tenunan Pandai Sikek, Padang Pan­jang.

Namun setelah diberi identitas dan dipromosikan, diberi rumah produksi dan galeri, tapi para pengrajin tenun lainnya masih menaruh harapan lain kepada Pemko Payakumbuh. Saat ini, para pengrajin dilema antara mo­dal usaha yang kecil dengan kebutuhan promosi. Para pengrajin kesulitan membuat tenunan yang banyak karena biaya operasional yang besar. Sehingga pilihan motif dan warna untuk dipromosikan menjadi terbatas.

Selain itu, para pengrajin berharap, supaya Pemko Payakumbuh dan jajarannya dapat mempromosikan tenun Balai Panjang, untuk pakaian seragam ASN disaat bekerja. “Kami berharap Pemko mem­berikan bantuan modal sekaligus menjadi pembeli produk kami untuk seragam SKPD,” tutur Efendi ber­harap. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]