Imam dan Garin di Sitanang Luput dari Bantuan


Selasa, 25 Oktober 2016 - 01:57:49 WIB
Imam dan Garin di Sitanang Luput dari Bantuan Anggota DPRD Kabupaten Agam dari fraksi PKS, Rizki Abdillah Fadhal.

AGAM, HALUAN--Anggota DPRD Kabupaten Agam dari fraksi PKS, Rizki Abdillah Fadhal menyayangkan luputnya bantuan bagi garin, imam dan guru MDA di wilayah Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari. Dia meminta agar pemerintah memberikan solusi terhadap persoalan tersebut.

Dari 82 nagari yang ada di Kabupaten Agam, Nagari Sitanang marupakan satu- satunya wilayah yang tertinggal dalam pemberian bantuan bagi guru MDA dan garin. Meski jumlahnya tidak terlalu besar yakni Rp1 hingga Rp1,5 juta perorang, namun bantuan itu sangat berharga bagi mereka.

“Kami sangat prihatin dengan hal ini, kita berharap pemerintah bisa mencarikan solusinya. Sehingga, iman, guru dan garin di Nagari Sitanang bisa mendaptakan haknya,” kata Rizki yang juga anggota dewan dari daerah pemilihan Ampek Nagari-Palembayan.

Rizki menjelaskan, dia baru mengetahui hal ini setelah masyarakat memberikan laporan kepadanya. Setelah ditelusuri, baru diketahui jika  hal tersebut terjadi, akibat kurang telitinya pihak kecamatan dan bagian kesra. Hal ini diharapkan tidak terjadi pada masa yang akan datang.

“Setelah saya tanya, ternyata Bagian Kesra tidak mendapatkan laporan data dari pihak kecamatan. Meski demikian, seharusnya Bagian Kesra mempertanyakan kenapa data imam, guru MDA dan garin di Nagari Sitanang tidak dimasukkan oleh kecamatan, bukan didiamkan saja,” katanya.

Dikatakannya, di Nagari Sita­nang ada cukup banyak guru MDA, garin dan imam masjid. Sementara jumlah bantuan ter­sebut seluruhnya untuk Sitanang sekitar Rp30 juta. Pemerintah berjanji mengu­paya­kan men­cari­kan jalan keluar terkait dengan hal tersebut. (h/yat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 19:10:10 WIB

    Imam Masjid Tiap Kecamatan di Pessel Akan Digaji

    Imam Masjid Tiap Kecamatan di Pessel Akan Digaji PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, tahun ini bakal memberikan honor imam besar masjid (garin) pada masing-masing kecamatan di daerah itu sebesar Rp4 juta. Honor tersebut sudah term.
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 20:54:05 WIB

    Kapolres Pasaman Jadi Imam Salat di Rutan

    Kapolres Pasaman Jadi Imam Salat di Rutan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Ada banyak upaya pendekatan yang bisa dilakukan polisi dalam membina para tahanan agar menjadi lebih baik. Salah satunya seperti yang dilakukan Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, SE. Apa itu?.
  • Ahad, 11 Agustus 2019 - 23:04:07 WIB

    Kaget..! Masyarakat Sijunjung Tak Menyangka Diimami Orang Nomor 1 Kota Padang

    Kaget..! Masyarakat Sijunjung Tak Menyangka Diimami Orang Nomor 1 Kota Padang SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM – Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah menjadi khatib sekaligus imam shalat Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8) di lapangan bola kaki Nagari Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan. Kehadiran walikota Pa.
  • Rabu, 29 November 2017 - 22:05:27 WIB

    Jemput Kopian Naskah Imam Bonjol ke Belanda, Pemprov Sumbar Dinilai Konyol

    Jemput Kopian Naskah Imam Bonjol ke Belanda, Pemprov Sumbar Dinilai Konyol PADANG, HARIANHALUAN.COM—Tim Pemprov dan DPRD Sumatra Barat (Sumbar) bersama Pemkab Pasaman berencana berangkat ke Belanda untuk menjemput kopian naskah kuno Tuanku Imam Bonjol di Perpustakaan KITLV di Leiden, Belanda. .
  • Senin, 20 November 2017 - 19:52:05 WIB

    Pemprov Sumbar Akan Jemput Naskah Tuanku Imam Bonjol ke Belanda      

    Pemprov Sumbar Akan Jemput Naskah Tuanku Imam Bonjol ke Belanda       PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) berencana mendaftarkan naskah kuno Minangkabau, yakni naskah Tuanku Imam Bonjol ke Unesco sebagai Warisan Ingatan Kolektif Dunia (Memory Of The .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM