SERUKAN AYO MAKAN IKAN

H Yusuf Lubis Lantik Pengurus Forikan


Selasa, 25 Oktober 2016 - 01:59:09 WIB
H Yusuf Lubis Lantik Pengurus Forikan BUPATI Pasaman H Yusuf Lubis beserta ketua Forikan, Ny Gustinar Siregar diserahi ikan besar oleh staf Dinas Pertanian, Sahlan Siregar. Buoatu menyerukan membiasakan makan ikan karena banyak sekal manfaatnya. (YUDHI LUBIS)

PASAMAN, HALUAN — Seba­nyak 30 pengurus Forum Pening­katan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Pasaman, masa bhakti 2016-2019, dilantik oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. 

 

Pelantikan dilakukan di gedung Syamsiar Thaib, Lubuksikaping, Senin (24/10). Turut hadir, Wakil Bupati Atos Pratama, Kepala Dinas Pertanian Yuspi, Kepala Disperindagkop Anwir, Kepala BPBD M Sayuti Pohan, Direkrut RSUD Dr Yong Marzuhaili, Kepa­la Kantor Arsip Eri Hermawan dan para pengurus Forikan. 

 

Setidaknya ada lima bidang dalam struktur kepengurusan Forikan, yaitu bidang penguatan organisasi dan pembinaan keca­matan, bidang peningkatan pro­duksi usaha, bidang Pembinaan mutu dan defersifikasi produk, bidang promosi dan pemasaran, bidang data dan publikasi. 

 

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengatakan, forum itu dibentuk dalam rangka menjalin koordinasi, keterpaduan langkah dan tindakan dari seluruh instansi terkait baik ditingkat pusat maupun daerah. ”Forikan ini sekaligus berperan sebagai inspirator, krea­tor, motivator dan aktivator dalam rangka mewujudkan gerakan ma­syarakat gemar makan ikan (Ge­marikan),” kata Atos Pratama. 

 

Ia menyebutkan, langkah besar yang dilakukan Forikan adalah menginisiasi dan menginspirasi pencanangan hari ikan nasional yang ditetapkan pada 21 Novem­ber. Itu, kata dia, bertepatan de­ngan hari perikanan dunia (World fisheries day). “Khusus di Pa­saman, kita juga ada hari ikan­nya yaitu ditetapkan setiap tanggal 10 November. Itu diperingati sebagai hari ikan di Pasaman,” katanya. 

 

Forikan, kata dia, merupakan suatu forum untuk pencapaian peningkatan konsumsi ikan baik secara nasional maupun daerah. Untuk diketahui, tingkat konsumsi ikan nasional baru mencapai 43,88 kg per kapita per tahun.  “Khusus di Kabupaten Pasaman, baru mencapai 31,5 kg perkapitas per tahun. Angka itu masih dibawah angka capaian provinsi Sumbar. Padahal Pasaman, penghasil ikan air tawar terbesar ketiga di Sum­bar,” katanya. 

 

Ia berharap, pengurus Forikan yang baru saja dilantik oleh Bupati Yusuf Lubis itu dapat mening­katkan konsumsi ikan perkapita per tahun di tengah masyarakat di daerah itu.  “Forikan harus lebih aktif berbuat. Organisasi forikan, harus tumbuh dan mampu mema­cu konsumsi ikan ditengah masya­ra­kat, lebih giat lagi melakukan so­sialisasi gemarikan ke tengah masyarakat. Agar tingkat konsumsi ikan ditengah masyarakat mening­kat,” ujarnya.

 

Diakhir sambutannya, ia meng­­kritisi minimnya tingkat kehadiran para kepala SKPD pada acara itu. Namun, kata dia, minim­nya tingkat kehadiran itu tidak akan ia persoalkan tapi akan menjadi catatan bagi dirinya dan Bupati Yusuf Lubis. “Kehadiran kepala SKPD minim, tidak hanya diacara ini tapi acara-acara lain juga begitu, sangat disesali. Tapi kita tidak berburuk sangka kepada mereka. Bisa jadi mereka yang tidak hadir karena sibuk atau tidak dapat undangan. Itu bisa kita maklumi, dan menjadi catatan bagi kami,” katanya. (h/mg-yud)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]