Divonis 6 Tahun, Germo Muda Ini Menangis di Pengadilan Padang


Selasa, 25 Oktober 2016 - 02:14:14 WIB
Divonis 6 Tahun,  Germo Muda Ini Menangis di Pengadilan Padang Tiga orang mucikari masing-masingnya Silvia (tengah), Alvino (kiri) dan Rio, divonis hakim dengan variasi hukuman 6 tahun 8 bulan dan 4 tahun 8 bulan. Ketiganya terbukti melakukan praktek perdagangan manusia dengan korban tiga wanita di bawah umur. (ISHAQ)

PADANG, HALUAN —  Tiga orang mucikari yang terdiri dari dua pria dan seorang wanita, divonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang dengan hukuman berbeda, setelah terbukti melakukan prak­tek perdagangan manusia dengan korban tiga wanita di bawah umur, Senin (24/10).

 

Atas vonis tersebut, Penasihat Hukum (PH) ketiganya mengaku akan pikir-pikir sebelum menerima vonis tersebut.

 

Salah seorang terdakwa, pe­rem­puan muda bernama Silvia, tampak tak kuasa menahan tangis vonis selama 6 tahun 8 bulan penjara ditambah denda Rp350 juta sub­si­dair 2 bulan kurungan dijatuhkan pada dirinya.

 

Jumlah hukuman yang sama juga dija­tuhkan kepada terdakwa lain, Alvino. Sedangkan satu terdakwa lain, Rio, divonis selama 4 tahun 8 bulan dengan dendan Rp200 juta subsidair 2 bulan kurungan.

 

Hukuman yang dijatuhkan Majelis Hakim yang diketuai Leba Max Nandoko dengan hakim ang­gota Yose Ana Rosalinda dan Sri Hartati terhitung lebih kecil dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

 

Sebelumnya, Lusita Amelia selaku JPU dalam kasus ini me­nuntut ketiga terdakwa dengan masing-masing hukuman 10 tahun, karena menilai ketiganya me­langgar pasal 2 ayat 2 juncto pasal 17 jo pasal 11 UU No. 21 Tahun 2007 tentang perdangan manusia

 

“Memang di bawah tuntutan, tapi untuk jumlah denda sesuai dengan yang kami sebutkan di dalam berkas tuntutan,” kata Lu­sita kepada wartawan seusai sidang.

 

Meskipun saat menutup sidang ketiga terdakwa mengaku me­nerima putusan hakim, namun PH terdakwa, Franz Adiosa K, meng­klarifikasi pernyataan ter­sebut.

 

Menurutnya, kliennya masih akan pikir-pikir untuk menerima atau mengajukan banding ke Pe­nga­dilan Tinggi terkait putusan ter­sebut. “Nanti saya komunikasi lagi sama ketiganya. Belum jelas dite­rima atau pikir-pikirnya,” kata Franz.

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]