KEPENGURUSAN KONI BELUM TERBENTUK

Padang Panjang Absen di Porpov 2016


Selasa, 25 Oktober 2016 - 02:23:15 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN  — Pupus sudah semangat para atlet di Kota Padang Panjang untuk bisa mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Proprov) 2016.  Pasalnya, Kota Pa­dang Pajang dipastikan tidak mengi­kuti perhelatan akbar olahraga dua tahunan itu belum adanya pengurus KONI Padang Panjang.

Absennya Kota Padang Panjang mengikuti Porprov 2016 yang akan digelar di Kota Padang, menjadi perde­batan di kalangan legislatif dan ekse­kutif saat pembahasan APBD-P Kota Padang Panjang Tahun 2016. Akhir dari perdebatan itu, Kota Padang Panjang diputuskan tidak  mengikuti Porprov 2016.

Rencana pemko yang akan mengutus atletnya di Porprov tersebut, tersandung Permendagri Nomor 52 tahun 2015 yang me­nyatakan bahwa pembiayaan olah raga diarahkan kepada induk organisasi olah raga atau KONI. Sementara KONI Kota Padang Panjang hingga saat ini belum punya pengurus. Dinas Porbudpar sebagai leading sektor pembe­nahan KONI, juga tak dapat ber­buat banyak. 

“Ketidakikutsertaan Kota Padang Panjang dalam ajang Porprov perlu disosialisasikan kepada insan olahraga dan masya­rakat di Kota Padangpanjang, agar tidak mengkambing­hitam­kan DPRD dalam permasalahan ini,” kata juru bicara Fraksi Golkar Suardi, ketika memba­cakan Pandangan Akhir Fraksi Golkar-PDI P pada Sidang Pari­purna DPRD Kota Padang Pan­jang, Sabtu (22/10) kemarin.

Suardi menyampaikan, tidak disetujuinya anggaran pelak­sanaan Porprov karena berbagai permasalahan yang terjadi di internal KONI Kota Padang Pan­jang, apalagi sampai saat ini kepengurus KONI Kota Padang Panjang juga belum terbentuk.

Selain tidak menyetujui ang­garan untuk mengikuti Porprov, Fraksi Golkar juga mendesak pemerintah daerah untuk mem­batalkan anggaran untuk pem­bangunan branding Kota Padang Panjang di kawasan Bukit Tui. Branding ini juga di bawah Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Porbudpar).

“Kita dari Fraksi Golkar juga memuji kepiawaian Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Prof. Edwar Juliartha yang telah mampu mengkoordinasikan selu­ruh SKPD selama pembahasan APBD Perubahan 2016,” sebut Suardi.

Terpisah, Mahdelmi Dt Ba­banso ketua fraksi Golkar DPRD Padang Panjang mengaku sangat menginginkan para pahlawan olahraga Padang Panjang tetap ikut dalam ajang bergengsi itu (Porprov-red). Namun dinas ter­kait dalam hal itu Disporbudpar tak kunjung dapat memenuhi apa yang menjadi syarat utama agar DPRD dapat mengangarkan dana untuk proprov tersebut.

“Kita sangat berharap para Atlet kita dapat berlaga dan mengharumkan nama Kota Pa­dang Panjang di ajang Porprov nanti. Namun harapan kita itu harus sirna, Padang Panjang telah dipastikan tidak bisa mengikuti Porprov tahun 2016 karena Dinas Porbudpar tak mampu memenuhi apa yang menjadi syarat agar kita di DPRD bisa menganggarkan dana untuk para atlet yang berlaga itu,” terang Mahdelmi.

Sementara itu, usai sidang paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi tentang APBD-P 2016, Sabtu (22/10) kemaren, Kepala Dinas Porbudpar Kota Padang Panjang Sri Syahwitri mengatakan, pemko melalui di­nasnya telah berupaya untuk mengikut sertakan atlet Kota Padang Panjang di ajang Porprov, namun Kepengurusan KONI Kota Padang Panjang yang tak kun­jung terbentuk.

“Anggarannya sudah kita aju­kan ke DPRD melalui APBD-P 2016, penganggarannya pun su­dah kita konsultasikan dengan pihak BPKD Perwakilan Provinsi Sumbar dan DPKAD provinsi Sumbar yang menyarankan peng­gu­naan anggaran tersebut tetap mengacu pada peraturan yang berlaku. Jawaban tertulis tentang hal inipun, sampai saat ini belum kita terima” jelas Sri Syahwitri.

Kemungkinan Padang pan­jang batal ikut Porprov. Sri Syah­witri berjanji, dengan berbagai kegiatan agenda kota, akan ber­upaya melibatkan atlet-atlet yang ada diberbagai cabang olahraga. Meskipun tidak ikut Porprov kali ini, tapi mereka dapat berprestasi dengan iven-ivent olahraga pada agenda Kota. (h/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]