MKW MAKHBOET KALAH DI PENGADILAN TINGGI

Pemko Padang Minta Buka Blokir Sertifikat Tanah


Selasa, 25 Oktober 2016 - 02:24:38 WIB
Pemko Padang Minta Buka Blokir Sertifikat Tanah Kasus tanah di Padang
Ia juga mengatakan, efek dari pemblokiran sertifikat tanah, segala urusan pertanahan di empat kelurahan di Koto Tangah ini telah mengganggu perekonomian dan pembangunan setempat. Masya­rakat banyak mengeluh dan marah dengan kondisi yang menimpa mereka saat ini.

 

“Dengan pemblokiran ini ba­nyak masyarakat yang dirugikan. Yang butuh pinjaman perbankan untuk usaha, tidak bisa meng­gadaikan sertifikat tanah dan rumahnya.

 

Warga yang ingin memba­ngun dan menggunakan tanah ini untuk fasilitas apapun, juga sudah tidak bisa lagi. Harap BPN mem­buka dulu blokirnya, karena sampai saat ini ribuan sertifikat tanah masyarakat masih menung­gu persidangan,” katanya.

 

Sementara itu, Kakanwil BPN Wilayah Padang, Syafri melalui Kasubag TU, Herman SH menga­takan BPN Wilayah Padang belum bisa membuka blokir tanah 4 kelurahan ini. Pasalnya, untuk membuka blokir ini, harus ada dulu ingkrah dari Mahkamah Agung atas sengketa ini.

 

“Belum bisa kami buka bloki­rannya jika tidak ada putusan dari Mahkamah Agung. Untuk proses ini memang memakan waktu yang lama karena pihak Lehar meng­gugat sertifikat tanah tidak secara keseluruhan. Melainkan satu-satu sertifikat. Sedangkan jumlah sertifikat di areal sengketa lebih dari 4.500 sertifikat,” kata Herman SH kepada Haluan, Senin (24/10).

 

Ia juga mengatakan sampai saat ini belum satupun sertifikat BPN yang selesai perkara seng­ketanya dengan kaum Makboet. Putusan Pengadilan Tinggi (PT) kemarin untuk UBH, SPBE dan Honda Gajah Motor belum final. Pasalnya, pengacara pihak lehar berencana mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung.

 

“Untuk membebaskan pem­blokiran sertifikat UBH, SPBE, dan Honda Gajah Motor saja kami harus menunggu putusan dari MA nantinya. Itupun jika menang. Jika kalah, maka sertifi­kat ketiga lokasi ini bisa dicabut. Pasalnya, Pengacara dari pihak Lehar berencana mengacukan Kasasi ke MA,” tambah Herman. (h/mg-ang)

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]