Soal Pungli, Pejabat Polri di Sumbar Teken Komitmen


Selasa, 25 Oktober 2016 - 22:58:27 WIB
Soal Pungli, Pejabat Polri di Sumbar Teken Komitmen Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Budi Prasetyo membacakan komitmen tidak melakukan pungli di bersama jajarannya di hadapan Kapolda Sumbar dan pihak terkait di Ditlantas

PADANG, HALUAN - Sebagai bentuk nyata terhadap segala macam bentuk pungutan liar, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar menyatakan komitmennya untuk pada pelayanan lalu lintas di lingkungan Polda Sumbar yang bersih pada Selasa (25/10) pagi di Ditlantas Polda Sumbar, Padang

Kegiatan deklarasi tersebut juga dihadiri oleh Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat, Yunafri, tokoh masyarakat Sumbar, Zaitul Ikhlas, dan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Daniel Aswad, perwakilan media cetak Sumatera Barat, dan perwakilan Jasa Raharja, dan para Kasat Lantas dari Polres dan Polresta yang berada di bawah Polda Sumbar.

Para pejabat Polri di jajaran Lalu Lintas se Sumbar itu membubuhkan tanda tangannya pada selembar spanduk yang terbentang di hadapan undangan yang memadati ruang pertemuan Zebra Singgalang, Ditlantas Polda Sumbar. Ada enam poin komitmen yang ditandatangani pejabat Polantas hingga PNS-nya. Mereka bahkan, siap menerima sanksi jika melanggar komitmen.

Dalam sambutannya, Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Budi Prasetyo menyebut bahwa pihaknya tidak akan melaksanakan pungutan diluar ketentuan yang ditetapkan (pungutan liar, red) baik itu secara langsung atau tidak.

"Kita ingin Ditlantas Polda Sumbar bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugasnya," ujar Budi.

Sementara itu, Kapolda Sumbar, Brigjend Pol Drs Basarudin mengatakan bahwa dengan dibentuknya tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), dirinya tidak ingin lagi mendapatkan laporan masih banyaknya anggotanya yang terlibat dalam praktik kotor tersebut.

"Hargai dan jagalah perasaan masyarakat yang selama ini merasa selalu rumit dan membutuhkan biaya besar jika berurusan dengan kepolisian," katanya.(h/mg-adl)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM