Guru Besar Unand Jadi Saksi Meringankan Bos Gula

'Perlu Pertimbangan Lain Sebelum Masuk ke Ranah Pidana'


Rabu, 26 Oktober 2016 - 11:29:24 WIB
'Perlu Pertimbangan Lain Sebelum Masuk ke Ranah Pidana' SIDANG BOS GULA : Guru besar hukum pidana Universitas Andalas (Unand), Profesor Elwi Danil, memberi keterangan sebagai saksi a de charge sekaligus ahli, dalam sidang lanjutan peredaran gula tanpa label SNI yang menyeret terdakwa Xaveriandy Sutanto ke meja hijau, Selasa (25/10). Ishaq
 Elwi Danil tidak bisa berkomentar. Namun ia menilai itu bagian dari fakta-fakta yang perlu digali.

 

Sementara itu, saksi ahli lain dari Unand, Lucky Raspati, menyatakan bahwa pada dasarnya dalam hukum pidana, seseorang yang tidak mengetahui suatu aturan, bisa dipertimbangkan untuk tidak dikenakan sanksi secara pidana.

 

Dan melihat UU yang digunakan dalam untuk menuntut pelaku dalam kasus ini, yang didominasi oleh UU perdagangan, maka perlu dipertimbangkan sasaran hukum lain yang lebih tepat.

 

“Melihat kasus ini dari ranah pidana, yang perlu dilihat tentu perbuatan-perbuatan yang menghambat terpenuhinya standar pada produk yang dimaksud (gula). Jika konteksnya ini, tentu sasarannya adalah produsen,” kata Lucky.

 

Sebagaimana dijelaskan terdakwa di sidang sebelumnya, produk gula yang ia kemas ulang, diperoleh dari Perusahaan Perkebunan Indonesia (PPI) dan Induk Koperasi Kartika, yang keduanya telah mengantongi sertifikat SNI.

 

Setelah mendengarkan keterangan dari saksi yang meringankan dan dari ahli, Majelis Hakim yang diketuai Amin Ismanto dengan hakim anggota Sri Hartati dan Sutedjo, memutuskan untuk melanjutkan persidangan pada pekan depan dengan agenda pembacaan tuntutan. Namun Ujang Suryana Cs selaku JPU mengonfirmasikan kepada wartawan seusai sidang, bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta sidang selanjutnya digelar pada 8 November.

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]