Pemkab Solsel : Perusahaan Teh PT Mitra Kerinci Tidak Punya Pembuangan Limbah


Rabu, 26 Oktober 2016 - 11:59:12 WIB
Pemkab Solsel : Perusahaan Teh PT Mitra Kerinci Tidak Punya Pembuangan Limbah MITRA KERINCI-- Areal Gerbang masuk pabrik PT Mitra Kerinci, Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir. JEFLI

SOLSEL,HALUAN—PT. Mitra Kerinci (PTMK) kembali didera persoalan terkait pengelolaan lingkungan. Berupa aspek pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (LB3).

 

Artinya, PTMK belum melaksanakan ketentuan yang ada dalam dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) dan izin lingkungan kendati telah memiliki  dokumen UKL-UPL.

 

Berdasarkan hasil Pengawasan Kantor Lingkungan Hidup (LH) Solok Selatan (Solsel) pada Senin, (3/10) lalu terhadap PTMK setidaknya ada 12 temuan terkait UKL-UPL.  Hal itu dikatakan Kepala LH Solsel, Hapison melalui Kasi Wasdal LH, Apnes Surya Ningsih pada awak media.

 

Apnes menjelaskan, temuan-temuan tersebut diantaranya, PTMK belum memiliki Tempat Pembuangan Sementara limbah B3 dan belum mengelola limbah B3. Terjadinya penambahan kapasitas produksi sekitar 15 ton perhari dari 60-70 ton perhari menjadi 85 ton perhari. Terjadinya perubahan bahan bakar produksi menggunakan kayu dan cangkang sebelumnya memakai 3 unit genset menggunakan bahan bakar Solar.

 

Baca juga : Sejak Beroperasi Perusahaan Teh PT Mitra Kerinci Tidak Punya IMB

 

Kemudian, PTMK belum melakukan pengujian kualitas udara.Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) tidak berfungsi. “Dampak dari kegiatan pabrik berupa limbah cair seperti ceceran oli bekas, ceceran solar, air buangan cleaning mesin biasanya disalurkan ke IPAL. Namun, saat ini IPAL tidak berfungsi,”kata Apnes pada Haluan.

 

Sebelumnya pada Mei 2016, Kantor LH Solsel bersama Bapedalda Provinsi Sumbar melakukan pengawasan penataan LH. Tim menemukan pencemaran udara dari 26 unit sumber emisi (genset dan dryer).

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]