Minat Olahraga di Pessel Menurun, Esmael Jambak : Harus Ada Jaminan Kesejahteraan


Rabu, 26 Oktober 2016 - 14:10:03 WIB
Minat Olahraga di Pessel Menurun, Esmael Jambak : Harus Ada Jaminan Kesejahteraan MANTAN PESEPAK BOLA--Mantan pemain Sepak Bola Lengayang Esmael Jambak SH. Dt. Rajo Bagampo yang juga pernah menjadi wasit Badan Olahraga Nasional Daerah (BOND) saat berdialog dengan wartawan HALUAN. Selasa (25/10) Okis Mardiansyah.

PAINAN, HALUAN - Menurunnya minat olahraga sejumlah para atlet di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), berdampak buruk bagi prestasi dunia olahraga Tanah Air.

 

Hal itu diduga karena belum adanya jaminan kesejahteraan bagi para atlet itu sendiri, sehingga hari ke hari regenerasi para atlet terus berkurang.

 

Hal itu diungkapkan oleh mantan pemain Sepak Bola Lengayang yang juga pernah menjadi wasit Badan Olahraga Nasional Daerah (BOND), Esmael Jambak SH, Dt Rajo Bagampo, bahwa masih banyak para orang tua yang ragu jika anaknya menjadi seorang atlet, karena belum adanya jaminan kesejahteraan bagi anak-anak mereka, baik sekarang maupun di usia senja nantinya.

 

"Ya, karena tidak adanya kepastian tersebut, makanya para orang tua ragu jika anaknya menjadi seorang atlet. Saat ini saja masa depan para atlet yang sudah berprestasi masih menjadi tanda tanya, apalagi yang baru terjun ke dunia olahraga," ungkapnya kepada Haluan di Painan, Selasa (25/10).

 

Terkait persoalan itu, ia menjelaskan bahwa pemerintah daerah/provinsi harus memberikan kepastian yang jelas mengenai jaminan masa depan para atlet berprestasi nantinya.

 

"Kalau dibiarkan berlarut-larut, hal ini bisa menjadi contoh yang buruk bagi regenerasi berikutnya. Padahal kita lihat masih banyak bibit-bibit muda yang hendak berkarya dalam bidang olahraga. Namun, mereka mundur dan patah semangat karena tidak adanya kepastian tadi, kesan seperti ini yang harus kita hilangkan," katanya.

 

Lebih lanjut kata dia, sebagai mantan pemain sepak bola yang pernah mengharumkan nama daerah hingga ketingkat provinsi, ia menjadi berpikir dua kali untuk menjadikan putra/putrinya sebagai atlet nantinya.

 

"Saya takut mereka akan bernasib sama dengan saya. Seharusnya pemerintah dapat memperhatikan hal ini dengan serius dan membuka peluang sebesar-besarnya untuk para atlet, sehingga kejayaan dunia olahraga di sejumlah daerah dapat berkiprah kembali," harapnya.

 

Menyangkut hal ini, kedepannya ia berharap agar adanya peraturan perundangan yang jelas dalam pembagian dan penggunaan dana APBD bahkan APBN untuk tiap cabang olahraga yang ada, baik dari tingkat daerah maupun tingkat nasional. Sehingga bibit-bibit atlet yang berpotensi bisa benar-benar terbina dengan optimal dan tidak setengah hati.

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 23:49:52 WIB

    Marc-Andre ter Stegen Diminati Bayern Munchen

    Marc-Andre ter Stegen Diminati Bayern Munchen JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Bayern Munchen dilaporkan tertarik mendatangkan kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, untuk jadi kiper masa depan mereka..
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 18:35:56 WIB

    Ariel NOAH Buka Lowongan Pemain The Pillars, Berminat?

    Ariel NOAH Buka Lowongan Pemain The Pillars, Berminat? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Vokalis band NOAH, Ariel, baru saja memastikan bahwa The Pillars, tim eSport yang ia buat bersama teman-temannya, ikut ambil bagian dalam turnamen nasional bertajuk Free Fire Master League (FFML) S.
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 13:00:26 WIB

    Teja Paku Alam Mengaku Tengah Diminati Persib

    Teja Paku Alam Mengaku Tengah Diminati Persib PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Penjaga gawang Semen Padang FC, Teja Paku Alam mengakui jika dirinya mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan Persib. Seperti diketahui, Teja Paku Alam memang sedang gencar dikabarkan akan bergab.
  • Kamis, 20 April 2017 - 19:00:09 WIB

    Sejumlah Daerah Minat Jadi Tuan Rumah 8 Besar Minangkabau Cup

    Sejumlah Daerah Minat Jadi Tuan Rumah 8 Besar Minangkabau Cup PADANG, HALUAN—Beberapa daerah sudah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah babak delapan besar turnamen sepakbola antar kecamatan se Sumatera Barat Minangkabau Cup. Namun untuk penentuan siapa yang menjadi tuan rumahnya .
  • Senin, 25 April 2016 - 03:22:22 WIB

    Perkemi Sumbar Dilantik, Inginkan Kempo Semakin Diminati Masyarakat

    Perkemi Sumbar Dilantik, Inginkan Kempo Semakin Diminati Masyarakat PADANG, HALUAN — Pe­ngurus Provinsi (Pengprov) Persaudaraan Shorinji Kem­po Indonesia (Perkemi) Su­ma­tera Barat,dilantik oleh Ketua PB Perkemi Indra Kartasasmita, Sabtu (23/4) di gedung KNPI Sumatera Ba­rat. Perkemi S.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]