Bhabinkamtibmas Sebagai Ujung Tombak Polda Sumbar


Rabu, 26 Oktober 2016 - 17:18:37 WIB
Bhabinkamtibmas Sebagai Ujung Tombak Polda Sumbar Personel Polsek Kubung Briptu Okte Vione saat menyampaikan materi sosialisasi. TRIBRATASUMBAR.COM

PADANG, HALUAN – Hubungan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabin Kamtibmas) dengan masyarakat perlu ditingkatkan. Hal tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi semakin erat dan harmonis.

 

Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Sumbar, Kombes Pol Sus Edy Taviv, Rabu (26/10) menyampaikan, indikator keberhasilan seorang Bhabin adalah ketika mereka memahami dan menguasai karakteristik masyarakat di tempat mereka ditugaskan.

 

“Sebagai ujung tombak dari Polri, Bhabin diharapkan agar bisa mendeteksi segala potensi ancaman yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, untuk itu ia harus tahu karakteristik masyarakat setempat,” paparnya.

 

"Disini seorang Bhabin menjalankan fungsinya sebagai penyampai informasi dari masyarakat kepada atasannya," tambahnya.

 

Lanjut Edi, seorang Bhabin Kamtibmas dalam menjalankan tugasnya harus berkoordinasi dengan baik bersama Babinsa TNI, Wali Nagari, ataupun tokoh masyarakat setempat dalam mengatasi persoalan yang ada di masyarakat agar dapat diselesaikan secara bersama-sama.

 

Saat ini, jumlah Bhabin Kamtibmas di lingkungan Polda Sumbar mencapai 854 personil. Hal tersebut masih cukup kurang mengingat ada 1.117 nagari atau kelurahan di Sumbar.

 

"Saya berharap di setiap satu nagari di Sumbar ini harus memiliki satu Bhabin Kamtibmas. Saat ini baru delapan polres di jajaran Polda Sumbar yang memiliki Bhabin Kamtibmas di setiap nagari, sementara 11 polres lagi belum cukup," papar Edy.

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]