Di Pasaman, Harga Cabai Makin Pedas


Rabu, 26 Oktober 2016 - 22:14:39 WIB
Di Pasaman, Harga Cabai Makin Pedas

PASAMAN, HALUAN -- Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pasaman, terus mengalami kenaikan.  Di pasar induk Tapus, Padanggelugur, harga cabai merah ‎mencapai Rp80 ribu per kilogram. Sementara di pasar Benteng, Lubuksikaping harga cabai hanya Rp70 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Lubuk Sikaping, Riko  mengatakan harga cabai terus mengalami kenaikan seperti cabai merah dari Rp65 ribu menjadi Rp70 ribuper kilogram.


"Tidak hanya cabai merah, cabai hijau juga mengalami kenaikan dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram dan cabai rawit dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribuper kilogram," ujarnya, Rabu (26/10).

Menurutnya, kenaikan harga cabai tersebut terus terjadi setiap minggunya. Penghasilan yang didapatnya juga mengalami penurunan karena pembeli banyak mengeluhkan tingginya harga cabai ini. Akibatnya, kata dia, stok cabai miliknya tidak habis jual.

"Karena harga naik ini, banyak langganan saya yang biasanya membeli sekilo menjadi setengah kilo saja. Saya juga tidak mau memasok banyak. Takutnya nanti tidak laku, bisa jadi busuk dan menyebabkan saya rugi," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UKM Kabupaten Pasaman, Bitner Aritonang, di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan kenaikan harga cabai ini disebabkan berkurangnya pasokan dari petani.

"Selasa (25/10) kemarin, kita sudah mengikuti rapat di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumbar. Dari hasil rapat tersebut diketahui bahwa kenaikan harga ini tidak hanya terjadi di Pasaman tapi di Sumatera Barat. Bahkan secara Nasional terjadi kenaikan harga cabai ini," katanya. (h/mg-idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM