Masyarakat Kerap Menjadi Korban Dari PLN


Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:55:49 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Anggota DPR Komisi VII bidang ESDM, Sayed Abubakar, meminta PT PLN untuk serius menangani krisis listrik di Provinsi Riau yang kini kondisinya kembali memburuk.

“Kita melihat tidak ada gebrakan yang dilakukan pimpinan PLN di Riau ini. Mereka terkesan pasrah dengan kondisi yang ada, sehingga masyarakat dikorbankan setiap malam listrik padam,” kata Sayed ketika dihubungi wartawan di Pekanbaru, Rabu.

Legislator asal Riau tersebut mengatakan PLN pusat perlu menempatkan jajarannya di Riau yang lebih profesional dan berani melakukan terobosan untuk memperbaiki krisis listrik. Apalagi, Riau selama ini dikenal sebagai daerah kaya sumber daya alamnya.

Kondisi kelistrikan Riau akibat defisit daya membuat masyarakat mengalami pemadaman bergilir setiap hari dengan durasi total enam jam. 

“Persoalan pemadaman listrik belakangan ini kian parah. Pemadaman listrik saat beban puncak dengan durasi enam jam setiap malam yang dibagi ke seluruh pelanggan,” katanya.

Krisis listrik Riau makin parah karena Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang di Kabupaten Kampar tidak bisa beroperasi karena debit air waduk surut. 

Ia membandingkan manajemen PLN Riau-Kepri pada 2012 berhasil mengatasi krisis listrik saat Riau menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII dengan menyewa mesin genset. Kemudian pada penyelenggaran Musya­warah Nasional (Munas) Partai Golkar di Riau tahun 2009 silam, saat kondisi kelistrikan Riau paling parah, ternyata PLN bisa menambah daya sehingga selama Munas Golkar berlangsung tidak ada pemadaman listrik. 

“Inikan aneh, untuk acara Munas Golkar di Riau, PLN  cepat mencarikan solusinya. Tapi giliran listrik rakyat yang padam, tidak ada gerakan PLN untuk menambah genset. Ini jelas tidak adil,” tegasnya.

Manejer SDM dan Humas PLN Wilayah Riau-Kepri, Dwi Suryo Abdullah, membenarkan bahwa PLTA Koto Panjang selama sebulan terakhir tidak bisa beroperasi. Karena itu, kebutuhan daya listrik Riau sangat bergantung pada sistem interkoneksi suplai daya dari Sumatera Barat dan Jambi.

“Tapi memang tadi malam terjadi penurunan daya sehingga harus ada pemadaman di Pekanbaru. Dan siang ini ada pemadaman listrik di beberapa kawasan, tapi itu karena teknis,” kilahnya.

Menurut dia, pemadaman listrik pada Selasa (25/10) malam karena suplai daya berkurang se­telah pembangkit di Jambi mengalami perbaikan.

Ia mengatakan, PLN hanya bersikap menolong apabil ada kegiatan besar seperti Munas Golkar untuk menyediakan daya listrik dari mesin genset. “Kita PLN sifatnya hanya membantu, bisa jadi kita yang menyediakan genset, tapi minyaknya panitia yang bayar, atau gensetnya memang disediakan panitia,” katanya. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 06:40:23 WIB

    Embung Solok, Wisata Bumnag yang Kini Jadi Primadona Masyarakat Pessel

    Embung Solok, Wisata Bumnag yang Kini Jadi Primadona Masyarakat Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Kawasan destinasi wisata Embuk Solok yang terletak di Nagari Bungo Pasang Kecamatan IV Juarak Kabupaten Pesisir Selatan memiliki keunikan tersendiri. Kini daerah tersebut ramai dikunjungi wisatawan.
  • Jumat, 18 November 2016 - 00:07:50 WIB

    Gubernur Imbau Polisi Berikan Rasa Aman ke Masyarakat

    TANJUNGPINANG, HA­LUAN — Guber­nur Kepri, Nur­din Basirun mengimbau agar armada kepolisian dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh ma­syarakat di Provinsi Kepri..
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 03:29:37 WIB

    Gubernur Kepri: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

    Gubernur Kepri: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat TANJUNGPINANG, HALUAN — Gubernur Kepri, Nurdin Basirun siap bekerja keras untuk mewujudkan kesejah­teraan masyarakat Kepri. Nur­din juga akan terus men­dekat­kan diri dengan rakyat, men­jem­put masalah dan meng­uraik.
  • Kamis, 21 April 2016 - 01:52:08 WIB

    Masyarakat Beting Berharap Peningkatan Status Pelabuhan

    BETING, HALUAN — Masyarakat Desa Beting, Kecamatan Rangsang Pesisir, sangat berharap perbaikan dan peningkatan status pelabuhan. Lokasi Pelabuhan Desa Beting salah satu pelabuhan yang dilintasi trayek kapal penumpang Dumai-.
  • Senin, 11 April 2016 - 04:05:56 WIB

    Wako Dorong Masyarakat Bangun Kreativitas

    PEKANBARU, HALUAN — Dalam rangka mening­kat­kan perekonomian kerak­yatan, Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, terus men­dorong masyarakat pelaku usaha untuk membangun kreativitas dan inovasinya. Terlebih bagi Sumber Daya .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM