Pramuka Ajang Melatih Mental Generasi Muda


Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:58:42 WIB
Pramuka Ajang Melatih Mental Generasi Muda Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Manus Handri saat memasangkan tanda lencana kepada salah satu perwakilan pramuka, Rabu (26/10). (IDENFI SUSANTO)

PASBAR, HALUAN — Sek­retaris Daerah Pasaman Barat, H. Manus Handri mengi­ngin­kan kegiatan pramuka bisa melatih mental dan spritual generasi muda. Tidak hanya itu saja, melalui pramuka kegiatan positif bisa dilakukan.

“Melalui pramuka pelatihan mental dan spiritual bisa terus ditingkatkan. Kita tidak bisa berbuat banyak jika memiliki mental yang kurang baik. Sela­in itu, Pramuka juga dapat memupuk rasa nasionalisme, kebangsaan dan cinta tanah air,” ucap Sekretaris Daerah  Pasaman Barat, Manus Handri di Bumi Perkemahan Hic Wa­ter Boom Padang Tujuh.

Kegiatan pramuka yang digelar oleh Dispora Pasbar dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda itu, akan berlangsung selama tiga hari dari 25-28 Oktober. Manus Handri bertekad kegiatan terse­but dilanjutkan setiap tahunnya.

“Kegiatan ini sangat bagus, kalau bisa kegiatan ini harus terus berlanjut dan menjadi agenda yang lebih besar ke depannya,” harap Manus Han­dri.

Tidak hanya itu saja, Manus Handri ingin kegiatan pramuka dalam menyambut hari sumpah pemuda itu mengundang pra­muka dari daerah lainnya di Sumbar. Namun, jika melaksa­nakan kegiatan yang lebih besar harus mempersiapkan diri dengan matang.

“Kalau ingin mengundang pramuka dari daerah lain harus kita evaluasi dulu. Karena kegiatan yang lebih besar persi­apan harus sempurna,” tutur Manus Handri.

Pasbar ke depan, kata Ma­nus Handri, menargetkan akan memiliki bumi perkemahan sendiri. Agar kegiatan pramuka berjalan dengan maksimal.

“Sekarang kita bersyukur dipinjamkan oleh Bapak Su­dirman Samin tempat untuk melaksanakan kegiatan ini. Ke depan kita punya target untuk membuat bumi perkemahan sendiri,” harap Manus Handri.

Kegiatan yang diikuti oleh pelajar SMP dan SMA di Pas­bar ini harus bisa meman­faatkan dengan maksimal. Anak pramuka kata Manus Handri, harus bisa mewakili generasi seusianya, berprilaku baik, santun, dan disiplin.

“Saya yakin yang ber­kum­pul saat ini adalah pelajar-pelajar pilihan yang mewakili sekolahnya masing-masing. Anak pramuka berbeda dengan yang lain baik tingkah laku maupun disiplin. Semoga men­jadikan kegiatan ramuka ber­manfaat untuk semua,” tegas Manus Handri.

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda di Di­nas Pemuda dan Olahraga, Azhar, kegiatan pramuka dise­leng­garakan untuk menyambut hari sumpah pemuda. Selain kemah pramuka, kegiatan pen­tas seni budaya, PBB juga digelar untuk menyemarakkan Sumpah Pemuda di Pasbar. “Kegiatan ini diikuti sebanyak 33 gudep dan 66 regu,” kata Azhar mengakhiri. (h/mg-idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM